Beredar Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Lowongan Kerja Tokopedia, Ini Kata Manajemen

Kompas.com - 05/10/2022, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar pesan berantai di aplikasi chat WhatsApp mengatasnamakan Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) Tokopedia Indonesia.

Kompas.com pun mendapatkan pesan tersebut yang berisi tentang lowongan kerja paruh waktu dengan gaji harian mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 2 juta.

Dalam pesan tersebut Kompas.com juga diminta untuk membalas pesan tersebut dengan mengetik angka "1" jika tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan tersebut. Bahkan disertai juga link WhatsApp yang diklaim terhubung dengan Manager Tokopedia.

Baca juga: PT Telkom Buka 22 Lowongan Kerja, Cek Link dan Informasinya di Sini

Menaggapi hal tersebut, Tokopedia memastikan, informasi lowongan kerja yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp dan mengatasnamakan Departemen SDM Tokopedia Indonesia adalah hoaks.

Head of Recruitment Tokopedia Lita Rosalia mengatakan, banyak beredar penipuan lowongan kerja mengatasnamakan Tokopedia.

Menurut Lita, langkah awal untuk menghindari terjebak lowongan kerja palsu yang mencatut nama Tokopedia adalah mengecek sumber informasinya.

"Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia," kata Lita, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Apabila menerima informasi lowongan kerja Tokopedia melalui email, Lita meminta masyarakat untuk mengecek domain email yang digunakan.

Baca juga: Astra Honda Motor Buka Banyak Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

"Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia," ucapnya.

Lita juga meminta masyarakat untuk mewaspadai tautan phishing, dan tidak sembarangan mengeklik link lowongan kerja yang mengatasnamakan Tokopedia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.