Kompas.com - 05/10/2022, 15:20 WIB


KOMPAS.com - Setiap tanggal berapa KJP cair atau KJP turun tanggal berapa? Pertanyaan seputar KJP turun mungkin cukup sering terdengar di antara para penerima beasiswa pendidikan milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

KJP adalah program strategis pemerintah Ibu Kota di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. Sebelumnya di era Gubernur DKI jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, namanya KJP.

Sebetulnya KJP dan KJP Plus hampir mirip, sama-sama untuk membantu biaya sekolah anak hingga tamat SMA/SMK. Namun Pemprov DKI saat ini meningkatkan fasilitas atau manfaatnya di KJP Plus.

KJP Plus semacam kartu ATM yang di dalamnya terdapat saldo. Yang mengisi uang atau saldonya adalah pemerintah DKI.

Baca juga: Tagihan Listrik Setiap Tanggal Berapa?

Nah pelajar yang jadi penerima KJP baru bisa memanfaatkan dana KJP Plus setelah dibuatkan rekening oleh Bank DKI, menerima buku tabungan, dan kartu ATM serta nomor PIN ATM. Dana rutin cair setiap bulan, sementara dana berkala diberikan setiap akhir semester.

Tarik tunai dana KJP Plus maksimal Rp 100 ribu per bulan dan dapat dilakukan di mesin ATM Bank DKI agar tak kena biaya tambahan bila mengambil dari ATM lain.

Sedangkan untuk belanja non-tunai dari sisa dana melalui mesin gesek atau EDC Bank DKI atau Jaringan Prima (Bank BCA).

Setiap tanggal berapa KJP cair?

Sebagai informasi saja, jika melihat dari realisasi program ini, pencairan KJP memiliki waktu yang berbeda-beda setiap tahunnya. Namun yang pasti, saldo KJP akan masuk rekening pada awal bulan atau di minggu pertama.

Dana KJP dari Pemrov DKI Jakarta lazimnya akan cair sebelum tanggal 8 setiap bulannya, biasanya pada tanggal 1-5. Namun terkadang pula KJP baru cair setelah tanggal 8.

Baca juga: Batas dan Pembayaran PDAM Setiap Tanggal Berapa?

Pencairan KJP bisa saja lebih lama dari tanggal 8, namun pencairan paling lama sesuai ketentuan adalah pada tanggal 15.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.