Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Digital Talent BUMN Targetkan Cetak 200.000 Talenta Digital pada 2024

Kompas.com - 05/10/2022, 16:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Digital Indonesia (FORDIGI) bersama Kementerian BUMN menginisiasi pengembangan kapabilitas talenta digital di lingkungan BUMN melalui kegiatan Sosialisasi Program Digital Talent BUMN & Sharing Session Keamanan Data BUMN.

Deputi SDMTI Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, dalam Program Digital Talent BUMN ditargetkan mampu mencetak 200.000 talenta digital. Tedi menyampaikan, keberadaan FORDIGI sangat strategis untuk mempercepat transformasi bisnis di lingkungan BUMN.

“Tanpa keterlibatan Top Level Management di lingkungan BUMN, transformasi digital tidak akan terjadi. Apalagi kalau kita bisa melakukan konsolidasi terhadap kebutuhan IT kita sehingga cost efficiency akan semakin tinggi,” jelas Tedi dalam siaran pers, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Polemik Kompor Listrik, Jargas, dan MyPertamina, Pengamat: BUMN Energi Tidak Terkoneksi dengan Baik

Saat ini program Digital Talent BUMN memiliki tiga program utama, antara lain mengembangkan kapabilitas digital melalui platform pembelajaran, mensertifikasi dan apresiasi talenta digital BUMN, serta membentuk komunitas talenta digital di lingkungan BUMN.

“Hingga tahun 2024, Program Digital Talent BUMN menargetkan sebanyak 200.000 talenta digital BUMN. Kami juga mendorong Direksi Human Capital BUMN ikut berperan aktif dalam mendorong karyawannya untuk mengikuti program Digital Talent BUMN yang akan dijalankan,” lanjut Tedi.

Baca juga: Genjot Pendanaan Startup, MCI Luncurkan Program Xponent

Ketua Umum FORDIGI, Fajrin menyatakan kebutuhan BUMN terhadap digital talent semakin mendesak. Ditambah meningkatnya penggunaan teknologi di perusahaan BUMN maka kapabilitas dalam menggunakan serta mengelola teknologi digital semakin dibutuhkan.

“Kalau tidak sekarang, BUMN akan terus ketinggalan dengan industri swasta yang sudah semakin cepat bertransformasi,” ungkap Fajrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com