Menperin Kukuhkan DPP Iperindo Periode 2022-2026, Ini Susunanya

Kompas.com - 05/10/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) periode 2022-2026 di kantor Kementerian Perindustrian pada hari ini, Rabu (5/10/2022).

DPP Iperindo periode 2022-2026 diketuai oleh Ketua Umum Anita Puji Utami yang merupakan Direktur Utama PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia (ASSI), perusahaan galangan kapal nasional berbasis di Madura, Jawa Timur. Sebelumnya, Anita terpilih sebagai Ketua Umum DPP Iperindo dalam Rapat Umum Anggota (RUA) di Hotel Borobudur Jakarta pada 16 Juni 2022.

Ia menggantikan Eddy Kurnawan Logam yang telah habis masa jabatannya setelah memimpin Iperindo selama dua periode, yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Baca juga: Menperin Ungkap Dampak Krisis Global bagi Industri Nasional

Menperin Agus Gumiwang mengatakan, dengan dibentuknya kepungurusan baru, Iperindo bisa sebagai mitra strategis pemerintah yang senantiasa aktif memberikan masukan-masukan konstruktif yang dibutuhkan pemerintah dalam merumuskan kebijakan serta program pengembangan industri maritim nasional.

"Sebagai asosiasi perusahaan galangan kapal dan bangunan lepas pantai, Iperindo memiliki peran strategis dalam menggalang dan mengembangkan potensi industri perkapalan, bangunan lepas pantai, dan penunjangnya sehingga menjadikan sebagai salah satu sektor yang tangguh dan kompetitif dalam memenuhi kebutuhan di dalam negeri serta mampu bersaing di pasar global. Kami mengajak DPP IPERINDO dan seluruh anggota Iperindo yang terdiri dari 118 galangan kapal, 76 industri penunjang, 3 biro klasifikasi kapal, serta 6 perusahaan konsultan untuk dapat

bersinergi dengan pemerintah dan seluruh stakeholder kemaritiman lainnya dalam upaya melahirkan terobosan-terobosan baru yang akan mengakselerasi produktivitas, daya saing, dan kesinambungan industri maritim nasional," ujarnya dalam acara Pengukuhan Ketua Umum dan Pengurus DPP Iperindo Periode 2022-2026 di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut Menperin mengatakan, industri perkapalan memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional karena karakteristiknya yang padat karya, modal, dan teknologi.

Selain itu, sektor industri perkapalan juga memiliki backward linkage dan forward linkage yang panjang.

Dia membeberkan, berdasarkan perhitungan input-output, pada rilis tahun 2021, menunjukkan transaksi barang dan jasa sektor kapal dan jasa perbaikannya mencapai Rp. 27,65 triliun, dengan 3 sektor utama yang menjadi input adalah sektor kapal dan jasa perbaikannya 29 persen, perdagangan selain mobil dan sepeda motor 19 persen, dan barang-barang logam lainnya 6 persen.

Sedangkan distribusi output kepada tiga sektor terbesar adalah kapal dan jasa perbaikannya 56 persen, jasa angkutan laut 16 persen, dan jasa angkutan sungai danau dan penyebrangan 11 persen.

Baca juga: Menperin Kumpulkan Asosiasi Industri, Bahas Krisis Energi dan Pangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.