Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Tol BSD: Jalan Tol Ini Bukan Penyebab Banjir

Kompas.com - 06/10/2022, 05:06 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto mengatakan, Jalan Tol Pondok Aren - Serpong atau Tol BSD bukan menjadi penyebab banjir di sekitar kawasan tersebut.

Purwoto menjelaskan, banjir terjadi akibat penyempitan air di Sungai Cibenda dan berubahnya fungsi lahan di sekitar jalan tol menjadi pemukiman warga.

"Intinya bahwa kita sampaikan tol ini bukan penyebab banjir tetapi tadi sudah disampaikan (Kementerian PUPR) terjadinya penyempitan sungai dan berubahnya fungsi lahan yang tadinya resapan air menjadi pemukiman sehingga mengurangi resapan air," kata Purwoto dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Tol BSD Terendam saat Hujan Lebat, Ini Penyebabnya Menurut Kementerian PUPR

Menurut Purwoto, penanganan banjir di Jalan Tol BSD kilometer 8 dilakukan dengan menggunakan empat unit pompa untuk mengurangi genangan air.

"Sebetulnya pompa tidak berefek besar karena di kawasan itu sudah banjir, kita pompa juga kemana, tetapi setidaknya pompa itu berfungsi seandainya curah hujan di sana sudah surut pompa baru berfungsi mempercepat genangan surut," ujarnya.

Rekayasa lalu lintas bila banjir

Purwoto mengatakan, selaku pengelola Jalan Tol BSD, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi banjir yang merendam ruas jalan tol khususnya di kilometer 8.

Ia menjelaskan, jika ruas jalan di kilometer 8 kembali tergenang banjir, kendaraan dari arah Jakarta menuju Serpong akan diminta untuk melewati Gerbang Tol Parigi.

"Jadi untuk kendaraan yang dari Jakarta menuju ke Serpong itu nanti di Gerbang Pondok Ranji itu kita belokkan ke arah Gerbang Parigi, nanti masuk di Tol MTN masuk lagi ke Tol BSD itu di kilometer 9," tuturnya.

Selanjutnya, kendaraan dari arah Serpong menuju ke Jakarta dapat dialihkan ke Jalan Tol Serpong - Kuciran.

"Selanjutnya masuk ke Jakarta, itu yang kita lakukan sehingga bisa mengurangi penumpukan kendaraan di antrean," ucap Purwoto.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang melanda wilayah Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) menyebabkan banjir merendamnya di beberapa titik, termasuk Tol BSD, Serpong, Tangsel, Banten.

Akibatnya, jalan bebas hambatan tersebut ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

Kanit Turjawali Polres Tangsel Iptu Rokhmatullah mengatakan, ketinggian air di Tol BSD Km 8 mencapai 90 sentimeter.

Sebelum tol ditutup, arus lalu lintas sempat tersendat. Sejumlah mobil terjebak banjir di Tol BSD Km 8.

Baca juga: Cegah Banjir Berulang, Tol BSD Tangsel Akan Ditinggikan 2 Meter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com