Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPOM Kawal dan Uji Asupan Pangan dan Jajanan Sekitar Lokasi Pelaksanaan KTT G20

Kompas.com - 06/10/2022, 12:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) ke-17 akan dimulai pada 15-16 November 2022 di Bali, Indonesia. Badan Pengawas Obat dan (BPOM) pun terlibat untuk mengawal keamanan pangan di semua titik lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Dalam rapat persiapan yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Bali (4/10/2022), berbagai proses persiapan dilaporkan. Kepala BPOM, Penny K. Lukito dalam rakor tersebut mengatakan, saat ini tahapan persiapan pengawalan keamanan pangan telah dilakukan.

"Kami akan mengawal saat acara dan persiapan jauh sebelumnya, mengawal keamanan pangan memenuhi Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB)," ujarnya dikutip melalui keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: BPOM: Mie Sedaap yang Ditarik di Hong Kong Beda dengan di RI

Pengawalan keamanan pangan mengacu pada Keputusan Kepala BPOM Nomor HK.04.01.1.22.05.19.1573 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengawalan Keamanan Pangan Presiden, Wakil Presiden, dan Tamu Negara.

Pengawalan didahului dengan pemeriksaan CPPOB di sarana pengolahan pangan dan sampling pengujian bahan baku maupun produk jadi pangan. Standar Kepala Negara, yaitu zero tolerance atau tidak ada temuan positif pada seluruh parameter uji.

Seluruh pangan olahan meliputi pangan kemasan dan pangan siap saji, termasuk bahan baku pangan harus memenuhi ketentuan. Selain itu, BPOM juga akan mengawasi peredaran pangan secara umum di sekitar lokasi dan tempat wisata, termasuk keamanan dan mutu pangan unggulan yang dipromosikan di rangkaian acara G20.

Baca juga: Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong, Ini Kata BPOM

"Kami juga akan mengawal keamanan peredaran pangan di sekitar venue, mulai dari bandara sampai ke hotel," lanjut Penny.

Sebelumnya, BPOM telah mengawal keamanan pangan pada 15 pertemuan tingkat Menteri di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Magelang, dan Belitung. BPOM juga mengawal Bilateral meeting dengan Fiji (Kementerian Luar Negeri) dan Republik Rakyat Tiongkok/RRT (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi). BPOM juga akan mengawal 3 pertemuan tingkat Menteri pada Oktober dan November 2022.

Baca juga: Singapura Tarik Kecap dan Saus Sambal ABC, Ini Penjelasan BPOM

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com