E-COMMERCE

Omzet Penjualan Capai 200 Persen, Intip Perjalanan Perajin Bali Tembus 7 Negara bersama Shopee

Kompas.com - 06/10/2022, 14:26 WIB

KOMPAS.com – Pelaku usaha fesyen asal Pulau Dewata, Kurniawan Joko Purnomo, sebelumnya tak pernah membayangkan produk busana dan kerajinan miliknya bisa menjangkau market hingga ke mancanegara.

Sejak 2009, pria yang akrab disapa Joko itu mendirikan usaha bernama Kampung Souvenir di Provinsi Bali.

Keberhasilannya menjangkau pasar mancanegara bukan tanpa alasan. Hal itu dapat diraih berkat dukungan platform e-commerce kenamaan di Tanah Air, Shopee.

Berkat program Ekspor Shopee, Joko berhasil menembus pasar tujuh negara dunia, mulai dari Asia Tenggara hingga Amerika Latin.

Baca juga: Simak Tips Pola Asuh ala Almiranti Fira di Shopee 10.10 Brands Festival

Joko mengatakan, produk favorit Kampung Souvenir yang berhasil menembus pasar mancanegara adalah tas rotan yang diproduksi oleh perajin lokal Pulau Dewata.

Ia menilai, teknologi digital yang kian canggih membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti dirinya untuk berbisnis.

“Begitu tahu ada program Ekspor Shopee saya langsung bergabung. Saya benar-benar enggak nyangka, pas lihat platform Shopee ternyata produk Kampung Souvenir laris manis di luar negeri, yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Brazil, dan Meksiko,” ujar Joko kepada Kompas.com, Kamis (6/10/2022).

Joko bercerita bahwa dirinya mendapat lebih banyak kemudahan sejak bergabung bersama program Ekspor Shopee.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Fesyen Muslim di Indonesia, Mahasiswi Ini Sukses Kembangkan Bisnis Hijab bersama Shopee

Ia pun berharap, kehadiran program tersebut dapat semakin mendongkrak bisnis pelaku UMKM di Tanah Air agar dapat go global, terutama UMKM di Pulau Dewata.

“Berkat program Ekspor Shopee, UMKM di Provinsi Bali bisa mendapat kesempatan emas untuk memperluas jangkauan produknya hingga ke mancanegara,” kata Joko.

Produk Kampung Souvenir besutan Kurniawan Joko Purnomo laris manis di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Brazil, dan Meksiko.Dok. Istimewa Produk Kampung Souvenir besutan Kurniawan Joko Purnomo laris manis di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Brazil, dan Meksiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.