Kompas.com - 06/10/2022, 18:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk dapat berkembang melalui partisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sebagai penyedia official merchandise.

Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop-UKM) melalui SMESCO bersama kurator independen kemudian melakukan kurasi produk untuk official merchandise G20 Indonesia.

Staf Ahli Menteri Bidang Produktivitas & Daya Saing, Kementerian Koperasi & UKM (KemenkopUKM) Eddy Satriya mengatakan, terdapat 1.204 UKM yang mendaftar sebagai penyedia official merchandise G20 Indonesia.

"Kemudian diseleksi dikurasi menjadi 23 UKM, ini mendaftar kemudian lolos tahap selanjutnya dan presentasi produk melalui Zoom," ujar dia dalam konferensi pers, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: BPOM Kawal dan Uji Asupan Pangan dan Jajanan Sekitar Lokasi Pelaksanaan KTT G20

"Kami dari KemenkopUKM tentu saja memaksimalkan event G20 ini, bagaimana sebanyak mungkin UMKM kita bisa berpatisipasi,” imbuh dia.

Eddy menambahkan, sebanyak 23 UKM tersebut terbagi dalam kategori kerajinan, fesyen, makanan, kosmetik, dan kesehatan.

"Ini memang hal-hal yang spesifik kita kelihatannya sebagai ngara berkembanga punya berbagai daya tarik wisata, dan fesyen tentu saja karena kita negara muslim terbesar," tutur dia.

Untuk dapat memilih 20 UKM tersebut, Eddy bilang ada keterlibatan kurator independen seperti Patrive Desiles dari ESMOD Jakarta, Uci Soemarno seorang graphic design professional, Yukako Akashi dari Dewan Kerajinan Indoneisia, dan Solihun Sofian dari PPA Kosmetika Indonesia.

Baca juga: Jelang KTT G20, PLN Tingkatkan Kesiapan Kelistrikan di Bali


Berikut daftar 23 UKM penyedia official merchandise G20 Indonesia:

Fashion dan accessories

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.