BI Catat Ada Kesepakatan Bisnis Rp 9,43 Triliun di FESyar 2022

Kompas.com - 06/10/2022, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menggelar acara tahunan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022 selama 5-9 Oktober 2022 untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Penyelenggaraan kegiatan ISEF telah dimulai dengan rangkaian kegiatan Road to ISEF 2022 sejak April lalu melalui Festival Ekonomi Keuangan Syariah (FESyar) yang diselenggarakan di Sulawesi Selatan, Aceh, dan Jawa Timur.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari kegiatan FESyar tersebut terjadi kesepakatan bisnis dengan nilai Rp 9,43 triliun, termasuk hasil lelang wakaf produktif.

Baca juga: Mentan: Indonesia Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan Dunia

Pasalnya, dalam rangkaian kegiatan road to ISEF ini dilakukan pertemuan bisnis atau business matching dan pameran berskala internasional.

"Bahkan (rangkaian kegiatan FESyar) diikuti oleh peserta lebih dari 372.000 peserta. Alhamdulillah mencapai omzet bisnis Rp 9,43 triliun," ujarnya saat membuka ISEF 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (6/10/2022).

Dia menjelaskan, penyelenggaraan ISEF ke-9 ini merupakan inisiatif BI dan pemerintah untuk mewujudkan amanat Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Menurutnya, ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia terus mengalami kemajuan yang signifikan. Pasalnya kini Indonesia menjadi salah satu pemain utama di kancah global.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah di Pasar Spot Menguat Tipis, di Jisdor Malah Terkoreksi


"(Indonesia) peringkat ke-4 dalam keseluruhan eksyar global, peringkat ke-2 untuk makanan halal, dan peringkat ke-3 untuk fesyen muslim," ungkapnya.

Adapun beberapa kegiatan dalam ISEF 2022 ialah Mukernas HEBITREN, perluasan sertifikasi halal, INHALIFE halal lifestyle, International Hajj Conference, hingga forum wisata internasional.

Sementara di bidang keuangan syariah, kegiatannya berupa IsDB-IFSB Seminar on 10 Year Framework Strategy on Islamic Finance Development, International Conference on Zakat and Waqf, dan International Fiqh Conference.

Baca juga: Ramai Acara Konser di Jakarta, Konsumsi Listrik PLN Naik 12,03 Persen

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.