Netizen Curhat soal Perjuangan Transit di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

Kompas.com - 07/10/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Stasiun Manggarai ramai menjadi perbincangan netizen karena kepadatan penumpang saat transit atau pindah Kereta Rel Listrik (KRL).

Dalam video yang diunggah akun Twitter @txtdrjkt pada Rabu (5/10/2022), salah seorang netizen berbagi pengalaman bagaimana para pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai harus berlari-lari untuk menuju peron berikutnya.

Unggah tersebut menuai respons netizen lainnya bahkan saling berbagi pengalaman saat transit atau pindah KRL di Stasiun Manggarai.

Baca juga: Ada Pembenahan di Stasiun Manggarai, 15 Jadwal KRL Terakhir Dibatalkan Malam Ini

Menanggapi hal tersebut, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, saat ini, Stasiun Manggarai masih dalam tahap penyelesaian pembangunan 18 jalur sehingga perjalanan KRL menjadi sangat sibuk.

"Jadi bisa dibayangkan sibuknya perjalanan kereta di sana," kata Anne saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Anne menjelaskan, saat ini, rel KRL berada di bawah dan di layang sehingga pola transit antar peron yang sebelumnya menyeberangi rel kereta berbahaya dilakukan.

"Dan Relnya saat ini ada di layang dan di bawah sehingga pola transit tidak lagi menyebrang rel karena sangat berbahaya, tapi pola transitnya naik turun," ujarnya.

Baca juga: Stasiun Manggarai Jadi Stasiun Sentral pada 2025, Aksesnya Bakal Diperluas

Lebih lanjut, Anne mengatakan, KAI Commuter akan melakukan pekerjaan Switch Over (SO) - 6 di Stasiun Manggarai pada November mendatang. Saat ini, progres pekerjaan SO - 6 sudah mencapai 60 persen.

Ia mengatakan, pekerjaan SO-6 dilakukan untuk mengoptimalkan layanan perjalanan KRL.

"Perlu diketahui pekerjaan Stasiun Manggarai ini dilakukan tanpa memberhentikan operasional kereta karena stasiun ini paling sibuk. Kita sangat hati-hati dan harus mengutamakan keselamatan. SO itu juga dilakukan di malam hari agar operasional kereta tetap bisa beroperasi," ucap dia.

Baca juga: Jarak Kedatangan Antar-KRL di Stasiun Manggarai Bakal Dipangkas Jadi 3 Menit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.