Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali Siap Sambut Delegasi KTT G20

Kompas.com - 07/10/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali hampir rampung atau sudah mencapai 99 persen.

Budi mengatakan, Terminal VVIP ini siap menyambut para tamu dalam perhelatan KTT G20.

"Dalam waktu 3,5 bulan, bangunan yang menjadi kebanggaan baru bagi Bali kini sudah hampir jadi. Sebagai titik jumpa pertama, kita harus tampilkan satu tempat yang begitu anggun, begitu apik, hingga ini adalah impresi dari Bali sebagai kebanggaan Indonesia," kata Budi saat meninjau Gedung VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (7/10/2022).

Budi mengatakan desain terminal VVIP ini mengusung konsep kearifan lokal dan modern.

Baca juga: Tak Hanya Pertalite, Pemerintah Dinilai Perlu Uji Kualitas Revvo 89

Ia mengatakan, desain arsitektur yang digunakan adalah Wantilan yang memiliki arti yakni tempat pertemuan adat masyarakat Bali.

"Kami bekerja sama dengan para arsitek dan juga saran dari Gubernur Bali. Kita lihat di sini ada satu gebyok yang merepresentasikan Bali. Dengan pewarnaan yang simple membuat semakin anggun. Ini menjadi kebanggaan kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan pihaknya juga menyiapkan sejumlah bandara untuk menjadi tempat parkir (round) pesawat-pesawat dari para delegasi, yang tidak semuanya bisa diparkir di Bandara Ngurah Rai.

Baca juga: PLN Targetkan Relokasi PLTG Grati ke Bali untuk G20 Tuntas Akhir Oktober


Beberapa bandara yang disiapkan untuk round pesawat yakni di Surabaya, Lombok, Jogja, Semarang, Labuan Bajo, Jakarta, dan Makassar.

"Persiapan yang dilakukan harus matang. Kita tidak hanya sebatas mengundang tetapi kita bisa menerima dan memberikan pelayanan dengan baik," ucap dia.

Adapun selain melakukan revitalisasi dan beautifikasi Terminal VVIP, juga dilakukan revitalisasi dan peningkatan fasilitas di Bandara Ngurah Rai seperti di Terminal Penumpang Internasional dan Domestik, Kargo, dan fasilitas lainnya.

Baca juga: Jelang KTT G20 Bali, Simak Hal-hal Penting Berikut Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.