Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARQAM Accelerator Jangkau 1.000 Entrepreneur Muslim

Kompas.com - 10/10/2022, 15:35 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan fintech lending berbasis syariah ALAMI mengadakan ARQAM Fashion & Beauty Care Accelerator Demo Day untuk memilih UMKM fasyen agar dapat akses permodalan dari investor.

Acara ini merupakan rangkaian ARQAM Fashion & Beauty Care Accelerator yang digelar mulai Juli 2022 dan diikuti lebih dari 1.000 peserta dari proses pelatihan sampai dengan pitching akses permodalan

ARQAM Fashion & Beauty Care Accelerator Demo Day 2022 yang diselenggarakan di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Jumlah Penumpang KRL Diprediksi Naik Jadi 850.000 per Hari hingga Akhir Tahun

Program ini diikuti lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia dan telah dilakukan proses penilaian dan kurasi menjadi top 50 peserta, dengan porsi bidang bisnis yaitu 80 persen di bidang fesyen dan 20 persen di bidang beauty care.

Peserta top 50 kemudian mengikuti serangkaian program mentoring mulai dari fiqh muamalah, legal, human resources, finance, dan marketing untuk dipilih top 10 peserta yang bisa mengikuti Demo Day.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah berharap ARQAM Accelerator mampu memperkecil gap capaian terhadap rasio wirausaha dan rasio penyaluran pembiayaan bagi UMKM.

Baca juga: OJK: Perkembangan Fintech Bukan Terletak pada Teknologi tapi Kepercayaan

"(Caranya) melalui perluasan akses informasi pembiayaan melalui pitching-demo day dan semakin meningkatnya jejaring kerja baik antara Kementerian Koperasi dengan ALAMI maupun sesama pengusaha fesyen yang hadir pada kesempatan ini, juga tentunya dapat terhubung dengan lembaga pembiayaan secara luas,” kata dia, Senin (10/10/2022).

Dalam program ARQAM Accelerator, pengusaha fesyen dan produk kecantikan muslim dibekali berbagai pengetahuan seputar membangun dan mengelola bisnis.

Hal itu diberikan melalui serangkaian workshop dari mentor yang fokus kepada product design, product development, customer acquisition, marketing, dan founders leadership development.

Baca juga: Daftar Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian, Apa Saja?

CEO ALAMI Group Dima Djani mengatakan, sebagai sektor yang memberikan kontribusi terbesar kedua terhadap PDB Indonesia yaitu Rp 181 triliun atau sebesar 28 persen, sektor fesyen menjadi industri yang harus diberikan perhatian khusus.

“ARQAM yang digelar oleh ALAMI membantu pengusaha fesyen Muslim agar menghasilkan produk yang berkualitas dan tentunya sesuai syariat," ucap dia.

Dima menjelaskan, visi ARQAM adalah membentuk komunitas pengusaha muslim yang berkualitas secara perdagangan dan agama sehingga dapat membantu memperjuangkan kemaslahatan umat Islam dan ekonomi Indonesia.

Pada acara Top 10 Pitching ARQAM Fashion & Beauty Care Accelerator Demo Day 2022 hadir para dewan juri yaitu Founder Islamic Fashion Institute Irna Mutiara, Founder & CEO Fatih Indonesia Fahmi Hendrawan, Business Development Endeavor Indonesia William Samuel, dan Head of Business Development ALAMI Group Julian Kamil.

Baca juga: Lowongan Kerja LKPP untuk S1, Posisi Staf Pengawas Internal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com