Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Transit Penumpang di Stasiun Manggarai Akan Diperluas

Kompas.com - 10/10/2022, 16:05 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa pola operasi selama perubahan operasional keenam, atau Switch Over (SO-6) di Stasiun Manggarai untuk mengatasi kepadatan penumpang.

Ia mengatakan, selama Switch Over keenam (SO-6), perubahan yang akan dirasakan penumpang adalah area transit Kereta Rel Listrik (KRL) akan lebih luas. Namun, tidak ada penambahan perjalanan KRL.

"Kalau area transit iya (ditambah). Tadi disebutkan optimalisasinya (untuk perjalanan) setelah SO-7 untuk penambahannya tetapi dengan rekayasa pola operasi," kata Anne saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Punya Utang Rp 5,38 Triliun, Satgas BLBI Sita Aset Obligor Trijono Gondokusumo


Anne mengatakan, penambahan perjalanan KRL bukan satu-satunya cara untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai.

Sebab kata dia, kepadatan penumpang hanya terjadi pada jam-jam sibuk yaitu pagi hari dan sore hari.

"60 persen KRL kosong karena pusatnya cuma 2 jam yaitu di sore hari dan pagi hari," ujarnya.

Lebih lanjut, Anne mengatakan, upaya untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai dapat dilakukan dengan stamformasi atau rangkaian kereta menjadi 12 dari sebelumnya 8, memperluas area transit dan memaksimalkan headway (jarak waktu antar kereta) di jam sibuk.

"Tetapi sekali lagi yang perlu disampaikan, hampir 60 persen KRL kita kosong karena penyebaran jam kerja terpusat di pagi hari dan sore hari," ucap dia.

Baca juga: Viral WNA Bagikan Mi Instan ke Penumpang Kereta, KAI: Makanan Berat Baru Diberikan di Stasiun Kroya dan Kutoarjo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com