Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTI Dorong Difabel Perempuan untuk Mandiri Melalui Kerajinan Batik

Kompas.com - 10/10/2022, 16:17 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka Hari Batik Nasional, Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia atau Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) bekerja sama dengan Alleira Batik untuk mendorong kemandirian para perempuan difabel melalui pameran batik.

Yayasan yang fokus pada inkubator bisnis bagi penyandang disabilitas berupaya untuk mendorong para divabel agar menjadi mandiri dengan mengadakan berbagai pelatihan. Ketua PTI Myra Winarko mengatakan, pelatihan ini ditujukan untuk para perempuan difabel agar mereka bisa setara dengan masyarakat lainnya.

“Kami memberikan kail, bukan hanya ikan nya saja kepada mereka supaya mereka dapat terus menggali dan mengembangkan potensi dirinya untuk terus maju dan menjadi lebih baik,” kata Myra dalam siaran pers, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Hari Batik Nasional 2022: Dulu Hanya Dipakai Raja dan Keluarganya

Myra mengatakan, pelatihan tersebut diberikan untuk memfasilitasi difabel mengembangkan keahlian para difabel. Nantinya, 10 persen dari penjualan batik Alleira pada akan disumbangkan ke PTI untuk mendorong program pemberdayaan perempuan penyandang disabilitas.

“Dengan memberikan pelatihan secara rutin, sabar dan tekun serta memfasilitasi, kaum penyandang disabilitas tuli dalam mengembangkan kepercayaam diri, keahlian dan akses dalam dunia usaha, maka mereka dapat bersaing secara adil dan setara dengan masyarakat lainnya di dunia wirausaha, lanjut Myra.

Baca juga: Dukung Kesetaraan Kaum Difabel, Kemenaker Percepat ULD Ketenagakerjaan

Untuk mendorong para difabel, Myra bersama PTI juga tengah mempersiapkan koperasi serba usaha untuk memudahkan akses permodalan. Dengan demikian, para perempuan difabel bisa secara mandiri menjalankan usahanya, dan memperoleh pendanaan untuk pengembangan bisnisnya.

“Kami juga sedang dalam proses persiapan pendirian koperasi serba usaha untuk mempermudah para penyandang disabilitas mendapatkan modal kerja” tegasnya.

Baca juga: Jadi Inspirasi Perusahaan, Grab Pajang Dua Foto Mitra Difabel Asal Indonesia di Menara NASDAQ

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com