Kisah Sukses Mooeishop, Awali Bisnis Tanpa Modal hingga Omzet Rp 300 Juta Per Bulan

Kompas.com - 11/10/2022, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegigihan dan kerja keras untuk mencari posisi tawar sebuah jenama nyatanya merupakan jurus ampuh untuk dapat memajukan bisnis.

Hal itu pula yang dilakukan kakak beradik bernama Desy Suryani Huriyah dan Fitri Asiah dalam mengembangkan bisnis mukena Mooeishop di Tangerang Selatan.

Mooeishop sendiri memiliki bisnis utama yang menawarkan set mukena untuk seserahan pernikahan. Awalnya, Mooeishop merupakan usaha reseller mukena rayon yang banyak ada di pasaran. Mereka mengaku, saat itu, bisnis mukena Mooeishop dimulai tanpa modal sepeserpun.

"Jadi ada orang jualan mukena, kami dipinjami, kami ikut jualan dong, karena mereka tidak bisa pakai sosial media lalu kami bikinin," jelas Desy kepada Kompas.com, saat ditemui di Kuningan Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Kisah Sukses Nila, Keluar Kerja untuk Bisnis Ecoprint sampai Kolam Lele

Usaha mukena Mooeishop berawal pada tahun 2015. Untuk memberikan nilai tambah, seiring waktu Desy dan kakaknya kemudian melakukan branding untuk produk mereka menjadi one stop solution untuk kebutuhan alat shalat premium.

Mengingat mukena bukan merupakan kebutuhan yang dibeli masyarakat setiap hari, kakak beradik ini kemudian bersiasat untuk memacu penjualan bisnisnya. Berjalannya waktu, mereka mencoba untuk memproduksi sendiri mukena yang akan dijual dengan meningkatkan kualitasnya.

Suatu saat, sebuah vendor pernikahan bernama Seserahan by Rose Arbor mendekorasi mukena Mooeishop untuk seserahan pernihakan.

"Ada sahabat aku menggunakan mukena ini untuk seserahan, lalu dihias sama Rose Arbor itu, ih bagus banget jadinya, dari situ kita kami tarus di Instagram dan banyak yang tanya," jelas Desy.

Sejak saat itu pada tahun 2020, permintaan untuk seserahan pernikahan kian melonjak pesat. Desy menjelaskan, selain mukena, orang kemudian banyak mencari set perlengkapan pernikahan, misalnya sajadahnya, alquran, dan tasbih.

"Akhirnya kami mencari vendor yang memenuhi standar kualitas kami," jelas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.