BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Minim Anggaran, tapi Mau Strategi Pemasaran Berjalan Maksimal? Coba 5 Cara Berikut

Kompas.com - 11/10/2022, 18:19 WIB

KOMPAS.comPemasaran merupakan salah satu elemen penting yang memiliki pengaruh pada keberlangsungan sebuah usaha.

Dilansir dari laman business2community.com, Selasa (12/7/2022), pemasaran memiliki sejumlah manfaat untuk mengembangkan usaha, seperti meningkatkan awareness dan angka penjualan, membangun hubungan dengan pelanggannya, serta membantu tim manajemen untuk membuat keputusan secara tepat.

Maka dari itu, setiap pelaku usaha harus bisa menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik dan produk yang ditawarkan. Pasalnya, modal besar yang dimiliki sebuah bisnis tidak menjamin kesuksesan jika pelaku usaha tak mampu menerapkan pemasaran yang baik.

Perlu diketahui, efektivitas strategi pemasaran tidak selalu bergantung dengan besaran anggaran yang digelontorkan. Strategi pemasaran dengan anggaran kecil pun berpeluang efektif dalam menjangkau calon konsumen dan meningkatkan brand awareness.

Strategi seperti itu dapat diterapkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya yang memiliki bujet pemasaran terbatas, untuk membantu pertumbuhan bisnis.

Lalu, strategi pemasaran apa saja yang bisa dilakukan pelaku UMKM dengan bujet terbatas? Simak ulasan berikut.

1. Bergabung dengan e-commerce dan media sosial

Di era digital, salah satu langkah tepat untuk memasarkan produk adalah dengan bergabung ke dalam ekosistem e-commerce.

Selain membantu menekan biaya pemasaran, platform e-commerce dapat membantu pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik lokal maupun global.

Dilansir dari laman amazon.in, Selasa (21/6/2022), e-commerce juga dapat membuat bisnis pelaku UMKM lebih berkembang dan berkelanjutan.

Selain e-commerce, pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan platform media sosial (medsos), seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tak hanya gratis, medsos bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness melalui postingan menarik yang sesuai dengan target pasar produk yang ditawarkan.

2. Tentukan segmenting, targeting, dan positioning (STP)

Konsep segmenting, targeting, dan positioning (STP) dapat menentukan strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi usaha Anda. Pasalnya, ketiganya saling berkaitan satu sama lain.

Dikutip dari laman smartinsights.com, STP marketing adalah model pemasaran yang tengah populer setelah model strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT). Model tersebut dikenal karena memiliki langkah-langkah yang cukup efisien.

Adapun segmenting adalah penentuan segmentasi pasar sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. Langkah ini akan memudahkan Anda dalam menjaring konsumen.

Setelah menentukan segmentasi, Anda perlu menentukan target pasar (targeting). Untuk itu, Anda harus mengevaluasi berbagai segmen.

Terdapat tiga faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membuat target pasar, yakni kemudahan akses, profitabilitas, serta ukuran dan potensi pertumbuhan pasar tersebut.

Setelah menentukan segmenting dan targeting, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan posisi (positioning) produk.

Pada langkah ini, Anda harus menentukan metode yang tepat dalam memosisikan produk atau merek ke dalam sasaran segmentasi dan target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Anda juga harus melakukan pertimbangan dasar yang bisa membuat pelanggan lebih memilih produk Anda ketimbang dengan produk kompetitor.

Ketiga hal tersebut harus dilakukan dengan baik agar strategi pemasaran dapat berjalan efektif.

3. Gunakan jasa influencer

Penggunaan jasa influencer untuk memasarkan produk bisa menjadi salah satu cara efektif dalam strategi pemasaran.

Selain dapat membantu meningkatkan awareness, influencer juga dapat menarik pembeli baru karena direkomendasikan oleh orang yang dipercaya dan diidolakan.

Dikutip dari influencermarketingagency.com, Kamis (25/11/2021), efektivitas pemasaran lewat influencer di era digital juga tergolong tinggi. Ini karena influencer mampu memberikan visibilitas dan jangkauan yang luas, memberikan manfaat jangka panjang mengatur tren, serta mendorong konversi.

Adapun dalam mencari influencer, pelaku UMKM harus fokus pada kualitas daripada kuantitas. Jadi, carilah influencer yang memiliki engagement tinggi. Selain itu, pastikan influencer tersebut memiliki minat dan karakteristik yang sejalan dengan bisnis Anda.

4. Ciptakan identitas unik

Identitas merupakan salah satu hal penting yang mesti diperhatikan. Sekalipun memiliki kesamaan dengan produk kompetitor, identitas unik pada produk akan lebih menarik bagi konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain itu, identitas unik juga membantu produk masuk dalam top of mind konsumen. Jadi, mereka akan mencari produk Anda saat membutuhkan.

5. Konsisten terapkan strategi yang dipilih

Setelah menemukan formula dan strategi pemasaran yang sesuai, langkah selanjutnya adalah konsistensi.

Untuk diketahui, konsistensi dalam menjalankan strategi pemasaran adalah hal penting yang tak boleh diabaikan. Sebab, kepercayaan konsumen akan terbangun apabila Anda konsisten di bidang usaha yang digeluti dan menjadi seorang ahli di dalamnya.

Selain itu, strategi yang tak konsisten juga membuat Anda lebih sulit dalam mengukur progres pencapaian. Akibatnya, Anda akan sering memulai kembali dari awal.

Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap besaran kerugian yang dialami, baik secara materi maupun waktu.

Itulah beberapa strategi pemasaran dengan anggaran terbatas yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Anda dapat mempelajarinya secara mendalam dengan mengikuti seminar atau edukasi terkait pengembangan usaha. Salah satunya, melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Sebagai informasi, PRS adalah kegiatan edukasi yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Kegiatan ini hadir untuk mendorong peningkatan literasi digital serta keuangan dan pengembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Adapun event terbaru PRS 2022 akan segera diadakan di Kota Tangerang, tepatnya di Halaman Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Sama seperti sebelumnya, Gelaran PRS 2022 di Tangerang juga hadir dengan enam pilar utama yakni, Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, PRS merupakan upaya BRI untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pemberdayaan UMKM, dan memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes.

Pada PRS BRI 2022, event tersebut akan menghadirkan layanan keuangan, kesehatan, pesta kuliner, workshop UMKM kreatif bisnis, serta panggung hiburan yang dimeriahkan oleh sederet penyanyi dan komika Tanah Air.

“Jadi, acara ini merupakan paket komplet, tidak hanya menyediakan hiburan tapi juga ada edukasi. Perlu diketahui juga bahwa PRS BRI di Tangerang adalah perhelatan kedelapan sepanjang 2022. Setiap kegiatan PRS pun mendapat sambutan yang baik dari masyarakat,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Untuk diketahui, salah satu rangkaian acara pagelaran PRS BRI 2022 Tangerang adalah Grebek Pasar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung peningkatan literasi keuangan di pasar dan sentra-sentra ekonomi.

Kehadiran Grebek Pasar diharapkan dapat membuat masyarakat semakin familier terhadap layanan keuangan berbasis digital, khususnya pada layanan keuangan digital seperti BRImo dan QRIS BRI.

Adapun Grebek Pasar akan diadakan di 10 lokasi yang ada di wilayah Tangerang, yakni di Pasar Anyar, Pasar Tanah Tinggi, Pasar Lama, Pasar Bengkok, Pasar Lembang, Pasar Ciledug, Pasar Cibodas, Pasar Babakan, Pasar Zipon, dan Pasar Caplin.

Selain Grebek Pasar, BRI juga turut menghadirkan sejumlah artis ternama di PRS 2022 Tangerang untuk memeriahkan suasana, seperti Kunto Aji, D’Masiv, Nassar, Kahitna, Biru Baru, dan The Cat Police.

Bagi yang ingin berkunjung ke PRS BRI 2022 di Tangerang, Anda cukup mengunduh aplikasi BRImo dan memindai QRIS sebesar Rp 1 di ticket box yang telah disediakan.

Seluruh pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan scan PeduliLindungi sebelum memasuki area PRS.

Sebagai informasi, Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Event ini akan berlangsung hingga Desember 2022.

Kegiatan tersebut dapat dihadiri secara langsung ataupun disaksikan melalui Kompas TV dan Kanal Youtube BRI.

Melalui program PRS 2022, BRI berharap dapat mendorong ekonomi kerakyatan dan titik balik UMKM di Indonesia pascapandemi Covid-19.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan PRS BRI 2022, silakan kunjungi tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.