Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoTo Masuk Daftar Perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune

Kompas.com - 12/10/2022, 15:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk ke dalam daftar perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune. Perusahaan ekosistem digital itu menempati urutan ke-13 dari 54 perusahaan.

Perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia tersebut menjadi perusahaan dari Asia Tenggara yang menempati peringkat teratas di daftar tersebut, di atas SEA Group yang merupakan induk Shopee di urutan ke-25 dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) di urutan 50.

Masuknya GoTo ke dalam daftar tersebut merupakan hasil dari terobosan program saham Gotong Royong. Yaitu, program alokasi saham secara gratis kepada para mitra driver, untuk mitra merchant dan konsumen, serta alokasi opsi saham untuk para karyawannya.

Baca juga: GoTo Makin Serius Garap Bisnis Credit Scoring lewat Tokoscore

”GoTo mengalokasikan saham senilai 20 juta dollar AS kepada 600.000 pengemudi yang mengantarkan makanan, bahan makanan, dan produk lainnya melalui GoTo di Indonesia, Singapura, dan Vietnam,” tulis Fortune, dikutip Rabu (12/10/2022).

Tim penilai Fortune menyatakan, program berbagi saham tersebut merupakan inisiatif yang bukan sekadar berbagi kepemilikan perusahaan. Namun juga berdampak lebih dalam terhadap literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

”Program ini bukan hanya bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas dan rasa memiliki di antara basis pengemudi GoTo,” tulis mereka.

Baca juga: Ini Tujuan GoTo Akuisisi Perusahaan Transaksi Kripto

Di level Asia Tenggara, GoTo menempati urutan tertinggi dalam daftar penerima penghargaan ini. Secara global, GoTo ada di peringkat ke-13 di bawah PayPal pada urutan pertama diikuti Alibaba, JD.Com, Meituan di urutan kedua, dan Walmart di urutan ketiga.

Di bawah GoTo, perusahaan Asia Tenggara lain penerima penghargaan Fortune’s “Change The World” tahun 2022 ada Sea Group yang merupakan induk Shopee di urutan 25 dan Bukalapak di urutan 50.

Baca juga: Pendapatan GOTO di Semester I-2022 Tumbuh 49,2 Persen, Jadi Rp 10,7 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com