Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI: Kinerja IHSG Terbaik Kelima di Dunia

Kompas.com - 12/10/2022, 20:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut kinerja pasar modal Indonesia jadi yang terbaik kelima di dunia. Ini terefleksikan dari pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara tahunan (year on year/yoy).

Indeks saham nasional sebenarnya tengah tertekan selama beberapa pekan terakhir. Namun demikian, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, sampai dengan 11 Oktober 2022, IHSG sudah tumbuh sekitar 6 persen secara tahunan.

"Itu merupakan bursa terbaik kelima di dunia," kata dia di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Karyawannya Pukul Pramugara Turkish Airlines, Lion Air: Itu Tanggung Jawab Pribadi

Selain itu, ia juga mengungkapkan tidak ada sampai 10 bursa di dunia ini yang bisa mencatatkan pertumbuhan positif. Menurutnya, ini juga menandakan kinerja positif pasar modal nasional.

Pertumbuhan indeks saham nasional juga diikuti oleh peningkatan transaksi harian. BEI mencatat rata-rata nilai transaksi harian mencapai sekitar Rp 15 triliun, meningkat sekitar 14,4 persen secara tahunan dari Rp 13 triliun.

"Volume frekuensi juga tumbuh sekitar 18 persen," ujar Jeffrey.

Baca juga: BUMN Gelar Pelatihan untuk Bantu Sertifikasi Guru


Lebih lanjut Ia bilang, jumlah investor ritel pun turut tumbuh mendekati 30 persen. Ini dinilai menunjukan optimisme masyarakat terhadap kondisi pasar modal Tanah Air.

"Optimisme pasar kita sangat optimis, paling tidak sepanjang tahun ini. Tantangannya adalah bagaimana optimisme ini kita jaga bersama," ucapnya.

Baca juga: Minat Bangun SPKLU, Berapa Biayanya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com