Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DANA Catat Kenaikan Rata-rata Jumlah Transaksi Harian hingga 190 Persen pada 2022

Kompas.com - 13/10/2022, 11:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform dompet digital DANA mencatat, rata-rata jumlah transaksi harian sampai dengan kuartal II-2022 mencapai 13,5 juta.

Angka tersebut meningkat hingga 190 persen sepanjang tahun (ytd) jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan, peningkatan yang berkelanjutan dari rata-rata jumlah transaksi harian DANA selama tahun 2022 menunjukkan, pengguna DANA sudah mulai terbiasa dengan pemanfaatan dompet digital

Baca juga: Cara Transfer DANA ke Bank dan Sesama Pengguna dengan Mudah

"Melihat tingginya transaksi pengguna DANA tahun ini, kami optimistis dapat ikut berkontribusi dalam memperluas akses layanan keuangan digital, sekaligus mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers, dikutip Kamis (13/10/2022).

Ia menambahkan, kenaikan rata-rata jumlah transaksi harian DANA sejak awal tahun hingga akhir September 2022 turut diikuti oleh sederet kenaikan rata-rata jumlah transaksi harian pada fitur lain.

Salah satunya adalah fitur kirim uang yang mengalami peningkatan hingga mencapai 386 persen dan fitur DANA eMAS yang mengalami pertumbuhan hingga mencapai 289 persen secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Vince menjabarkan, investasi emas digital, misalnya, kini makin umum dipilih masyarakat lantaran jumlah pembelian gramasi yang fleksibel dan biaya yang terjangkau.

Baca juga: Cara transfer DANA ke OVO, GoPay, dan ShopeePay

Tren serupa juga terlihat pada fitur biller atau fitur pembayaran tagihan rumah tangga yang mengalami kenaikan rata-rata jumlah transaksi hingga mencapai 236 persen.

Vince bilang, lonjakan pertumbuhan tidak hanya dirasakan pada fitur-fitur yang berkaitan dengan kebutuhan harian, tetapi juga pada fitur yang berkorelasi dengan gaya hidup pengguna.

Salah satunya, fitur pembayaran online, khususnya pada merchant global seperti Apple App Store dan Google Playstore.

"Hal tersebut mencakup pembayaran layanan aliran musik dan video dengan jumlah peningkatan transaksi sebesar 203 persen," tandas dia.

Baca juga: Cara Tarik Tunai DANA di ATM dengan Mudah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com