Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Munas, Perbarindo Akan Pilih Pengurus Baru

Kompas.com - 17/10/2022, 17:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo)  sebagai wadah bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS), akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) XI 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 19-21 Oktober 2022.

Ketua Organizing Committee Munas XI Perbarindo Ascar Setiono mengatakan, Munas XI Perbarindo memiliki 4 agenda utama, yaitu penetapan dan peninjauan kembali AD/ART, penetapan program umum perhimpunan, evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus Pusat (DPP), dan pemilihan Ketua Umum DPP dan Penetapan Dewan Pengawas dan Pengurus Harian DPP untuk periode 2022–2026.

"Organizing Committee Munas XI Perbarindo telah siap menyelenggarakan pesta demokrasi perhimpunan ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Menko Airlangga: RI Masih Perlu Waspadai Risiko Inflasi

Selain kegiatan utama tersebut, Munas XI Perbarindo juga akan menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti Launching 4 Buku Perbarindo, UMKM Expo, dan kegiatan Sarasehan Nasional dengan tema Penguatan Peran BPR-BPRS Sebagai Mitra UMKM Menuju Pemulihan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional.

Dia menambahkan, Expo UMKM dalam rangkaian Munas XI ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai daerah yang selama ini menjadi mitra BPR dan BPRS. Melalui Expo ini, dia berharap agar UMKM dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga dapat terus berkembang dan semakin kuat.

"Selama ini, BPR dan BPRS menjadi mitra UMKM di wilayah perdesaan dan pelosok. Kami bermitra untuk mendukung pengembangan UMK di Tanah Air," ucapnya.

Pada perhelatan Munas IX Perbarindo 2022 ini DPP Perbarindo Masa Bakti 2018-2022 akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban. Setelah Kepengurusan Perbarindo 2018-2022 dinyatakan demisioner, akan dilanjutkan dengan proses pemilihan Ketua Umum dan Pengurus Harian DPP Perbarindo Periode 2022–2026.

Baca juga: Pekan Ini, Pemerintah Rayu Pelaku Usaha Bangun Usaha di IKN

Ketua Steering Committee Munas XI Perbarindo Tedy Alamsyah mengatakan, meskipun pandemi Covid-19 yang dimulai sejak awal 2020 telah berdampak signifikan terhadap seluruh lini kehidupan, termasuk sektor keuangan dan perbankan.

"Dalam kondisi pandemi, industri BPR dan BPRS tetap hadir di tengah masyarakat, membantu masyarakat yang terdampak dengan program restrukturisasi, mengusulkan untuk menerima subsidi bunga dari pemerintah dan terus melakukan pendampingan, edukasi serta literasi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM," ujar Tedy.

Dia menyebut kepengurusan Perbarindo 2018-2022 juga berhasil mendorong BPR dan BPRS terus melakukan transformasi digital, penguatan manajemen risiko dan berbagai kerja sama dengan pihak lain serta terus mendorong pertumbuhan UMKM.

Baca juga: IHSG Berakhir Hijau, Saham KLBF hingga GOTO Masuk Top Gainers

"Upaya-upaya Pengurus DPP Perbarindo selama ini dapat mendukung BPR dan BPRS menjadi bank yang agile, adaptif, kontributif, dan resilient, terutama dalam pengembangan UMKM," ucap Tedy.

Hal senada juga disampaikan Dewan Pengawas DPP Perbarindo T Jaya Tarigan.

"Saya telah berkecimpung di Perbarindo sudah hampir 30 tahun, beragam peran pernah saya emban, termasuk Ketua Umum, saya merasakan betul bahwa pengurus yang sekarang telah berkontribusi besar terhadap kemajuan industri BPR-BPRS," kata T Jaya.

Selain itu, menurutnya, pengurus Perbarindo saat ini berhasil menjaga soliditas kepengurusan baik di tingkat DPP, DPD, maupun Dewan Pengurus Kabupaten (DPK).

Hasil nyata itu terlihat dari terealisasinya berbagai program kerja positif seperti kegiatan sertifikasi SDM, BPR E-cash dan kerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan.

Baca juga: BPS Catat Nilai Ekspor Turun 10,99 Persen pada September 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com