Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoTo Financial Gandeng OJK Hadirkan Edukasi FinanSiap

Kompas.com - 18/10/2022, 21:30 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - GoTo Financial berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadirkan beragam kelas keuangan untuk masyarakat umum maupun UMKM melalui kelas edukasi A Cup of Moka dan Bincang Biznis.

Sinergi ini merupakan bentuk keberlanjutan kerjasama GoTo Financial bersama OJK dalam mengakselerasi keuangan inklusif dan digitalisasi masyarakat umum dan UMKM guna mendorong pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Budi Gandasoebrata, Group Head Compliance GoTo Financial menjelaskan, melalui rangkaian program edukasi FinanSiap mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat melalui serangkaian pelatihan dan konten di berbagai platform.

Baca juga: Ini Layanan GoTo Financial yang Dapat Diakses UMKM

“Di tengah kondisi ekonomi makro dalam negeri yang kian dinamis, pemahaman yang baik tentang pengelolaan keuangan menjadi kian penting. Bermodalkan literasi keuangan yang baik masyarakat dapat membangun ketahanan finansial dalam menghadapi inflasi,” kata Budi di Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Budi mengatakan, di tengah lanskap teknologi digital yang terus berkembang, tantangan dalam menciptakan transaksi yang aman apabila tidak diikuti dengan literasi keuangan yang mumpuni. Melalui FinanSiap, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan dengan lebih optimal dan aman.

“FinanSiap akan mendukung misi GoTo Financial dalam membuka akses dan peluang untuk keuangan yang inklusif, melalui program edukasi yang relevan dan terkini untuk UMKM, dan masyarakat umum,” ujar Budi.

Baca juga: Bersama OJK, GoTo Financial Luncurkan Buku Pintar Finansial untuk UMKM dalam Bentuk Digital

Meskipun tingkat inklusi keuangan Indonesia sudah mencapai lebih dari 76 persen, literasi keuangan masih berada pada 38 persen. Oleh karena itu, kali ini FinanSiap menghadirkan kelas edukasi untuk pengaturan keuangan personal dan keluarga, investasi, hingga pengelolaan keuangan untuk UMKM.

“Harapannya, para peserta FinanSiap dapat langsung mengaplikasikan pembelajaran di kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan usaha para mitra melalui layanan dan fitur yang dimiliki ekosistem GoTo Financial,” lanjut dia.

Analis Eksekutif Senior Strategic Committee OJK Sekar Putih Djarot mengungkapkan apresiasinya terhadap program edukasi FinanSiap 2022 dari GoTo Financial. Sekar mengatakan, di tengah iklim situasi ekonomi yang fluktuatif dan maraknya layanan keuangan ilegal yang beredar di tengah masyarakat, penting bagi masyarakat untuk memiliki literasi keuangan yang baik.

“OJK melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menjawab tantangan peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Kolaborasi OJK dengan GoTo Financial ini diharapkan dapat meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan demi tercapainya kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan,” ujar Sekar.

Ligwina Hananto, CEO dan Financial Trainer Lead QM Financial mengutarakan, pengelolaan dan kondisi keuangan yang baik dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi kondisi ekonomi dan inflasi ke depan.

“Saat ini, berbagai platform keuangan digital memudahkan kita dalam mengelola keuangan. Dalam kondisi ekonomi apapun, sebenarnya yang akan survive bukan soal siapa kelihatan banyak uang, tapi siapa yang keuangannya sehat dan kuat,” kata Ligwina.

Baca juga: Bank Jago Gandeng GoTo Financial Luncurkan Layanan Jago Merchant, Ini Manfaatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com