Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir dan Heru Budi Bakal Sinergikan MRT, LRT, hingga Kereta Cepat

Kompas.com - 19/10/2022, 12:27 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengadakan pertemuan untuk mensinergikan seluruh transportasi umum di DKI Jakarta.

Erick bilang, sinergi transportasi umum di DKI Jakarta mencakup MRT, LRT, Commuter Line, Kereta Bandara, dan Kereta Cepat. Sinergi pada transportasi umum di DKI Jakarta ini, juga dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar transportasi umum di DKI bisa maksimal.

“LRT, MRT, Commuter Line, Kereta Cepat, dan Kereta Bandara ini akan menjadi satu kesatuan nanti. Inilah sinergi yang akan kita akan dorong sama-sama. Semualah yang sudah dibangun jadi satu kesatuan, supaya sistemnya sama,” kata Erick di Kantornya, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Antar Presiden FIFA ke Istana Negara

Erick berharap sinergi transportasi umum di DKI bisa meningkatkan kerja sama antara pemerintah DKI dan Pemerintah Pusat. Di sisi lain, ia mengatakan tidak mungkin mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, jika integrasi antar moda transportasi tidak bersinergi.

“Besok pak Heru akan ke Kemenhub, dan kita akan sinergikan pelayanan transportasi publik secara maksimal. Tidak mungkin, mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum, tapi kereta api dan lainnya tidak menjadi pilihan utama,” jelasnya.

Erick mengungkapkan, dengan sinergi transportasi ini, maka penggabungan aset antara BUMN dan Pemda DKI akan semakin besar. Dengan begitu, dapat mendukung UMKM yang berjumlah 65,4 juta, dan 97 persen membuka lapangan pekerjaan.

Baca juga: Erick Thohir: Transformasi BUMN Baru Mencapai 80 Persen


“Sepekan setelah menjabat, saya datang ke kantor Gubernur DKI Jakarta. Sesuai dengan arahan Presiden untuk mensinergikan transportasi yang dimiliki BUMN dan Pemda DKI. Saya berkomitmen dengan diskusi kita tadi dalam satu jam lebih. Bagaimana kita akan mempercepat, agar pelayanan bisa maksimal, bukan mencari perbedaan,” kata dia.

Sementara itu, Heru mengungkapkan, pihaknya juga akan mendukung instruksi Presiden Jokowi untuk mensinergikan transportasi di DKI Jakarta. Selanjutnya, Heru akan mendalami serta mengkaji rencana-rencana tersebut.

“Kami bisa lakukan percepatan transportasi publik. Kami di Pemda DKI Jakarta akan mempercepat (sinegi) transportasi umum. Ada tahapannya, kami akan detailkan nanti, dan akan kami dalami lagi,” ujar Heru.

Baca juga: Ekonomi Dunia Diramal Suram, Erick Thohir: Mal Harus Punya Inovasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com