Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kerajinan Tangan Anyaman dan Peluang Bisnis Internasional

Kompas.com - 19/10/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Peluang bisnis pada masa kini banyak kita temui. Hal ini karena masyarakat tidak hanya menggunakan brand-brand besar, tetapi juga produk UMKM guna mendukung ekonomi yang stabil dan berkelanjutan.

Salah satunya bisnis UMKM yang diminati adalah produk-produk kerajinan tangan. Keunikan dari produk ini bahkan dinilai mampu menjangkau pasar internasional dan menjadi komoditi unggulan.

Salah satu brand yang mengusung kerajinan anyaman tali sebagai produk unggulan adalah Vivi Macrame Jogja. Barang-barang yang dihasilkan berupa tas, pajangan dinding, sarung bantal, dan masih banyak lagi.

Dengarkan pengalaman bisnis dari Baiq Amiliya Novianti yang akrab disapa Vivi, selaku Founder Vivi Macrame Jogja, dalam siniar Cuan episode “Cerita Bisnis: Vivi Macrame” yang dapat diakses melalui spoti.fi/3gjLR1B.

Disebutkan bahwa Vivi berhasil menjangkau pasar internasional dengan produknya yang berkualitas tetapi dengan harga miring.

Pengertian makrame dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu bentuk kerajinan simpul menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai.

Awal Mula Vivi Macrame Jogja Terbentuk

Vivi mengatakan bahwa ide awal terbentuknya bisnis ini berasal dari ketidaksengajaan. Dengan posisinya sebagai ibu rumah tangga, ia membuat tas anaknya dengan ikatan simpul tali seperti yang dipelajarinya saat Pramuka di masa sekolah.

Baca juga: Cara Memahami Strategi Tiktok dalam Memajukan Bisnis

Tanpa diduga, ibu-ibu dari teman anaknya tertarik dengan tas yang dihasilkan. Dari hal tersebut, Vivi dapat melihat bahwa peluang bisnis dengan kerajinan tangan makrame ini sangat besar.

Dengan memanfaatkan sosial media, Vivi berusaha mempromosikan produknya dan berhasil. Ketikan pesanan hanya satu atau dua tiap minggunya, ibu dari dua orang anak ini mengerjakan sendiri makrame tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.