Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Agen Asuransi Punya Penghasilan Rp 1 Miliar, Berapa Komisi yang Didapat?

Kompas.com - 20/10/2022, 10:01 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang berisi mengaku pelaku bisnis asuransi mampu mengantongi pendapatan (income) hingga Rp 1 miliar viral di media sosial Instagram.

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, agen asuransi yang dapat mengumpulkan pendapatan jumbo pada umumnya menjual produk unit link.

Sebab, produk unit link memiliki skema komisi agen hingga 99 persen dari premi yang dibayar nasabah selama tiga tahun pertama.

"(Komisi) 99 persen itu untuk 3 tahun pertama kontrak polis nasabah, masing-masing 30 persen, 30 persen, dan 39 persen sejak tahun pertama sampai ketiga," ucap dia kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Viral Video Pelaku Bisnis Asuransi Berpenghasilan Rp 1 Miliar per Bulan, Ini Pekerjaan Sebenarnya

Meskipun demikian pada tahun-tahun selanjutnya agen tidak diberikan komisi kembali.

"Produk unit link menjanjikan komisi paling besar bagi para agen," sebut dia.

Untuk itu, dia menegaskan seorang agen asuransi sangat memungkinkan dapat memperoleh pendapatan sampai miliaran rupiah per bulan.

"Sangat memungkinkan, terutama yang berasal dari nasabah-nasabah bank dengan simpanan di atas Rp 5 miliar yang membeli asuransi dengan premi tunggal alias sekaligus," ujar dia.

Sementara itu, Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan, untuk dapat mencapai pengahasilan hingga miliaran rupiah bukanlah merupakan hal yang mudah untuk seorang agen asuransi.

Perlu proses yang tidak singkat untuk seorang agen asuransi dapat menghasilkan pendapatan yang terbilang fantastis itu.

"Tidak bisa instan, ada proses panjang untuk membangun sistem, membangun tim itu membutuhkan waktu yang panjang. Bahkan sampai air mata untuk mendapatkan penghasilan miliaran itu," kata Aidil, dikutip dari akun Instagram @aidilakbarmadjid, Rabu (19/10/2022).

Ia menjelaskan, penghasilan agen yang sampai miliaran tersebut biasanya hanya dimiliki oleh leader atau pimpinan agennya. Sebab, seorang tim leader memiliki banyak bawahan yang bertugas menjual produk asuransi setiap hari.

Ketika agen asuransi menjual sebuah produk asuransi, Aidil bilang, akan ada komisi yang mengalir juga ke tim dan leader-nya selain komisi untuk agen yang bersangkutan.

"Meskipun persentasenya kecil, tapi karena jumlah produksinya besar, maka tak heran bisa mendapatkan income yang besar," imbuh dia.

"Nah sekarang kalian tahu kan, ke mana porsi premi yang kalian bayarkan?" tandas dia.

Baca juga: Apa Itu Asuransi: Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Jenisnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com