Apa Itu Skema Ponzi, Cara Kerja, dan Contoh Kasusnya

Kompas.com - 20/10/2022, 11:04 WIB

 

KOMPAS.com - Skema ponzi adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Skema ponzi identik dengan hal negatif karena cenderung merugikan. Apa itu skema ponzi?

Dikutip dari Investopedia, skema ponzi adalah investasi yang lekat dengan penipuan karena mengiming-imingi pengembalian tinggi dan risiko yang rendah.

Skema ponzi adalah penipuan

Skema Ponzi adalah penipuan investasi yang sistem pengembalian bagi investor dibayarkan dari uang yang diambil dari investor yang baru masuk.

Skema ponzi ini mirip dengan skema piramida di mana keduanya secara mendasar menggunakan dana investor baru untuk membayar investor yang sudah lebih dulu ada.

Baik skema Ponzi maupun skema piramida pada akhirnya mencapai titik di mana tak ada lagi pengembalian yang bisa didapatkan investor karena tak ada lagi uang yang masuk dari investor baru.

Baca juga: Untung Rugi Menabung Emas di Pegadaian

Skema Ponzi adalah penipuan investasi di mana investor dijanjikan keuntungan besar dengan sedikit atau tanpa risiko. Perusahaan yang terlibat dalam skema Ponzi memfokuskan seluruh sumber daya mereka untuk menarik investor baru untuk melakukan investasi.

Pendapatan baru ini digunakan untuk membayar investor yang masuk lebih dulu yang ditandai sebagai keuntungan dari transaksi yang sah. Skema Ponzi mengandalkan aliran investasi baru yang konstan untuk terus memberikan pengembalian kepada investor yang lebih dulu.

Sementara itu dikutip dari laman ojk.go.id, skema Ponzi adalah modus investasi bodong yang memberikan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya. Jadi, uang yang dibayarkan pada investor bukan berasal dari keuntungan bisnis individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini.

Mudahnya adalah, uang yang didapat dari anggota baru, digunakan untuk membayar anggota sebelumnya. Siklus ini akan terjadi berulang-ulang, sampai membentuk piramida.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Pinjaman dan Bunga di Pegadaian Terbaru

Sejarah skema ponzi

Skema ponzi ini berasal dari kasus penipuan yang didalangi oleh Charles Ponzi dari Italia pada tahun 1920-an. Ponzi menawarkan investasi dengan janji keuntungan 50 persen dalam waktu 45 hari.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.