BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Selain Mudahkan Pembayaran, Ini 5 Manfaat Lain Kartu Kredit

Kompas.com - 20/10/2022, 15:18 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang kerap digunakan masyarakat. Selain memudahkan transaksi, kartu kredit punya beragam manfaat lain.

Pasalnya, kartu kredit dapat menjadi solusi untuk mengelola arus kas atau cash flow. Dengan demikian, pengeluaran akan tetap terkontrol tanpa membuat rencana keuangan berantakan.

Meski demikian, banyak orang beranggapan bahwa memiliki kartu kredit berpotensi membuat pengeluaran menjadi lebih boros. Padahal, kondisi tersebut sebenarnya tergantung pada kemampuan mengatur keuangan, termasuk penggunaan kartu kredit.

Jika digunakan secara bijak, kartu kredit dapat menjadi solusi pembiayaan untuk kebutuhan bulanan. Lalu, apa saja manfaat kartu kredit? Simak ulasan berikut.

1. Alat pembayaran yang cepat dan praktis

Kartu kredit dapat menjadi solusi pembayaran yang praktis, baik untuk belanja online atau offline. Pasalnya, kamu tidak perlu repot membawa uang tunai berjumlah besar dan cukup bertransaksi pakai kartu kredit di mesin electronic data capture (EDC). Dengan demikian, transaksi dapat dilakukan tanpa menghitung kembalian.

Selain itu, berbelanja secara online menggunakan kartu kredit juga lebih praktis ketimbang metode pembayaran lainnya. Kamu cukup memasukkan nomor kartu dan kode card verification value (CVV), lalu kegiatan transaksi pun selesai.

Baca juga: Info Biaya Admin Jenius Per Bulan, Bunga, dan Limitnya

Cara tersebut lebih aman ketimbang melakukan pembayaran secara manual melalui transfer uang. Pasalnya, saat melakukan transfer, konsumen berpotensi salah menginput nominal atau nomor rekening. Hal ini dapat merugikan konsumen, terlebih bila transaksi dilakukan dalam jumlah besar.

2. Transaksi besar jadi mudah dan aman

Membawa uang tunai dalam jumlah besar, terutama di tengah keramaian, kerap membuat orang merasa khawatir. Terlebih, saat kamu berencana membeli barang bernilai puluhan juta rupiah, seperti laptop gaming atau motor.

Selain merepotkan karena harus membawa tas besar, membawa uang dalam jumlah besar juga rawan mengundang tindakan kriminal, seperti pencurian atau perampokan.

Supaya tidak repot, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, baik di toko offline maupun online.

Baca juga: Mengenal Tiga Fitur Baru Jenius dan Manfaatnya

Selain lebih praktis, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit juga aman selama kamu menjaga kerahasiaan data pribadi, seperti nomor kartu kredit, kode CVV, kode one-time password (OTP), serta nama ibu kandung.

Kartu kredit juga menyediakan opsi pembayaran transaksi dengan cara mencicil. Hal ini dapat membantu kamu dalam merencanakan anggaran keuangan pribadi atau keluarga, terlebih jika kartu kredit digunakan untuk membeli barang dengan nilai transaksi besar.

3. Memudahkan melacak pengeluaran

Saat ini, kartu kredit sudah semakin canggih karena terkoneksi dengan aplikasi keuangan yang dimiliki oleh penerbit kartu kredit. Hal ini membuat pengguna dapat mengecek penggunaan kartu kredit, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan.

Melacak pengeluaran penting dilakukan supaya kamu dapat mengetahui alokasi aliran kredit. Hal ini dapat membantu kamu dalam menganalisis dan mengevaluasi kondisi keuangan. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan hasil evaluasi ini sebagai referensi untuk merencanakan kondisi keuangan pada bulan selanjutnya.

4. Bisa mendapatkan promo dan diskon menarik

Salah satu keuntungan yang kerap didapat pengguna kartu kredit adalah mendapatkan reward point. Poin ini umumnya didapatkan untuk setiap pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Semakin tinggi nominal pembelanjaan, maka semakin tinggi pula poin yang didapat.

Pengguna kartu kredit dapat menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari saldo produk dari brand tertentu hingga airline miles.

Baca juga: Jenius Rilis Dua Fitur Terbaru, Bantu Pengguna Kelola Uang Lebih Rapi

Selain mendapatkan reward point, pengguna kartu kredit juga berkesempatan mendapatkan benefit menarik lain, seperti diskon, cashback, dan freebies.

Kamu bisa mendapatkan benefit tersebut di berbagai tempat yang menjalin kerja sama dengan pihak penyedia kartu kredit, seperti tempat makan, minum, kafe, serta toko pakaian.

5. Dapat mengatur limit dan mengontrol keuangan

Seperti sudah dibahas sebelumnya, kartu kredit saat ini umumnya sudah terhubung dengan aplikasi di smartphone. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai pengaturan, mulai dari mengatur transaksi, limit, hingga memblokir kartu.

Kelebihan tersebut berguna bagi pengguna kartu kredit supaya dapat mengatur pengeluaran sesuai kebutuhan. Berkat fitur itu pula, pengguna dapat menghemat pengeluaran. Hal ini bisa memupus anggapan bahwa penggunaan kartu kredit membuat pengeluaran lebih boros.

Bahkan, terdapat pula fitur blokir kartu kredit yang bisa digunakan pengguna bila sudah tidak membutuhkan kartu kredit.

Semua manfaat tersebut dapat kamu nikmati melalui Kartu Kredit Jenius. Kartu Kredit Jenius merupakan kartu kredit serbadigital untuk membantu pengguna melangkah mudah dalam mengajukan kartu kredit langsung dari aplikasi Jenius.

Hal tersebut berbeda dengan kartu kredit konvensional yang umumnya memiliki persyaratan cukup ketat untuk melakukan pendaftaran.

Melalui aplikasi Jenius, pengguna dapat mengajukan, melakukan aktivasi, mengelola, dan membayar tagihan kartu kredit dengan lebih simpel langsung dari smartphone. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot datang ke bank untuk mengajukan pendaftaran kartu kredit. Kartu Kredit Jenius membantu pengguna #MelangkahMudah untuk mencapai kelancaran arus kas atau cash flow.

Tak hanya itu, pengguna pun dapat mengatur alokasi limit kredit dengan mudah sesuai kebutuhan. Bila sudah tidak ingin memakai kartu kredit, pengguna juga dapat menggunakan fitur blokir kartu yang tersedia di aplikasi Jenius. Dengan semua fitur tersebut, Kartu Kredit Jenius dapat membantu pengguna memiliki kontrol keuangan yang lebih baik.

Selain pengaturan akun, pengguna juga dapat melakukan personalisasi kartu kredit, termasuk memilih tiga desain Kartu Kredit Jenius yang sesuai preferensi.

Varian Kartu Kredit Jenius.DOK. Jenius. Varian Kartu Kredit Jenius.

Kamu juga dapat mengatur kategori double point sesuai preferensi dan wishlist rewards dari katalog yang tersedia dengan mudah. Pengaturan transaksi juga dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mudah.

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan transaksi sebelum menggunakan Kartu Kredit Jenius. Pengguna dapat mengelola limit pembelanjaan per bulan dan per transaksi untuk #MelangkahMudah mengatur pengeluaran bulanan.

Pembayaran transaksi bisa dilakukan lebih fleksibel karena dapat diubah menjadi cicilan (Split Pay). Agar tak lupa, pengguna dapat membayar tagihan atau cicilan bulanan secara otomatis.

Sebagai informasi, mulai Kamis (20/10/2022), seluruh pengguna Jenius dapat mengajukan Kartu Kredit Jenius melalui aplikasi Jenius dengan mudah.

Pengajuan dapat dilakukan dengan mengunggah dokumen pendapatan, seperti slip gaji, mutasi rekening tiga bulan terakhir, atau surat pemberitahuan (SPT) pajak. Pendaftaran dapat dilakukan tanpa harus memiliki kartu kredit di bank lain.

Adapun syarat pengajuan Kartu Kredit Jenius adalah memiliki akun Jenius aktif, berusia minimal 21 tahun, berpenghasilan minimal Rp 3 juta, serta memenuhi persyaratan lain sesuai kebijakan kredit Jenius dan regulasi yang berlaku.

Kartu Kredit Jenius bisa digunakan oleh pengguna Jenius terpilih dengan Flexi Cash aktif dan pengguna yang pengajuannya lolos verifikasi.

Proses pengajuan Kartu Kredit Jenius.DOK. Jenius. Proses pengajuan Kartu Kredit Jenius.

Untuk mengajukan Kartu Kredit Jenius, kamu cukup tap tombol "Ajukan Sekarang" pada aplikasi Jenius, lalu ikuti prosesnya hingga selesai.

Setelah pengajuan disetujui, kamu tinggal tap tombol “Terima Penawaran” untuk mulai aktivasi kartu kredit milikmu. Kini, kamu dapat menggunakan kartu kredit virtual yang langsung bisa dipakai untuk transaksi online selagi kartu fisiknya dikirim.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat menggunakan Kartu Kredit Jenius. Salah satunya adalah diskon 50 persen hingga maksimal Rp 250.000 dengan minimal transaksi Rp 500.000.

Diskon tersebut berlaku untuk pembelian produk di Premium Backer, Beau Bakery, Little League, Yinyang Dimsum, Soul Food, Mifune, Shabu Ghin, Fedwell, GAËL, dan Kopi Lima Detik. Promo berlaku setiap hari hingga 30 November 2022.

Kamu juga bisa menemukan berbagai promo menarik lainnya, mulai dari harga spesial menginap di hotel, nonton bioskop, hingga belanja dengan cicilan 0 persen. Cek informasi lengkapnya di sini.

Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan Kartu Kredit Jenius sebagai partner untuk melakukan transaksi di berbagai merchant favoritmu. Dapatkan Yay Points yang bisa dipantau, dikelola, serta ditukar dengan lebih mudah langsung dari aplikasi Jenius. Dengan Kartu Kredit Jenius, kamu dapat #MelangkahMudah untuk mengatur keuanganmu agar tetap sehat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai promo dan penawaran dari Kartu Kredit Jenius, klik tautan ini.


Terkini Lainnya

United Tractors Bagi Dividen Rp 8,2 Triliun, Simak Jadwalnya

United Tractors Bagi Dividen Rp 8,2 Triliun, Simak Jadwalnya

Whats New
Kunjungan ke Indonesia, Tim Bola Voli Red Sparks Eksplor Jakarta bersama Bank DKI dan JXB

Kunjungan ke Indonesia, Tim Bola Voli Red Sparks Eksplor Jakarta bersama Bank DKI dan JXB

Whats New
Suku Bunga Acuan Naik Jadi 6,25 Persen, Bos BI: Untuk Memperkuat Stabilitas Rupiah

Suku Bunga Acuan Naik Jadi 6,25 Persen, Bos BI: Untuk Memperkuat Stabilitas Rupiah

Whats New
KEJU Bakal Tebar Dividen, Ini Besarannya

KEJU Bakal Tebar Dividen, Ini Besarannya

Earn Smart
Program Gas Murah Dinilai ‘Jadi Beban’ Pemerintah di Tengah Konflik Geopolitik

Program Gas Murah Dinilai ‘Jadi Beban’ Pemerintah di Tengah Konflik Geopolitik

Whats New
Catatkan Kinerja Positif, Rukun Raharja Bukukan Laba Bersih 8 Juta Dollar AS pada Kuartal I-2024

Catatkan Kinerja Positif, Rukun Raharja Bukukan Laba Bersih 8 Juta Dollar AS pada Kuartal I-2024

Whats New
Luhut Sambangi PM Singapura, Bahas Kerja Sama Carbon Capture Storage dan Blue Food

Luhut Sambangi PM Singapura, Bahas Kerja Sama Carbon Capture Storage dan Blue Food

Whats New
Honda Prospect Motor Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

Honda Prospect Motor Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

Work Smart
Tahun Pertama Kepemimpinan Prabowo, Rasio Utang Pemerintah Ditarget Naik hingga 40 Persen

Tahun Pertama Kepemimpinan Prabowo, Rasio Utang Pemerintah Ditarget Naik hingga 40 Persen

Whats New
Revisi Aturan Impor Barang Bawaan dari Luar Negeri Bakal Selesai Pekan Ini

Revisi Aturan Impor Barang Bawaan dari Luar Negeri Bakal Selesai Pekan Ini

Whats New
Pacu Kontribusi Ekspor, Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Maroko

Pacu Kontribusi Ekspor, Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Maroko

Whats New
Uji Coba Bandara VVIP IKN Akan Dilakukan pada Juli 2024

Uji Coba Bandara VVIP IKN Akan Dilakukan pada Juli 2024

Whats New
Menteri Basuki Bakal Pindah ke IKN Juli 2024 dengan 2 Menteri Lain

Menteri Basuki Bakal Pindah ke IKN Juli 2024 dengan 2 Menteri Lain

Whats New
Harga Emas Dunia Stabil di Tengah Meredanya Konflik Timur Tengah

Harga Emas Dunia Stabil di Tengah Meredanya Konflik Timur Tengah

Whats New
Pemerintah Susun Rancangan Aturan Dana Abadi Pariwisata, untuk Apa?

Pemerintah Susun Rancangan Aturan Dana Abadi Pariwisata, untuk Apa?

Whats New
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com