Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Resmikan Gudang Pintar Dilayani Tokopedia, Serap 750 Pekerja Lokal

Kompas.com - 20/10/2022, 17:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni meresmikan gudang pintar ‘Dilayani Tokopedia’ Jawa Timur, Kamis (20/10/2022).

Dilayani Tokopedia merupakan gudang pintar penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM di seluruh Indonesia menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, termasuk Surabaya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, dengan didirikannya gudang tersebut menyerap potensi tenaga kerja di wilayah Surabaya khususnya di wilayah Osowilangun.

"Di gudang ini kami mempekerjakan 750 orang. Semoga dengan potensi yang ada, kami berharap lebih banyak lagi talenta Jawa Timur yang bekerja di sini," ujarnya saat peresmian di Suarabaya, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: Gudang Pintar Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM

Lebih lanjut dia menuturkan dari total 750 karyawan yang diserap, 40 persennya berasal dari kaum perempuan.

Astrid juga menjelaskan, dengan dibangunnya gudang yang memiliki luas 15.000 hektar persegi, bisa menampung volume produk sebesar 3 juta dengan volume transaksi pengiriman mencapai 200.000 produk.

Menurut Astrid, layanan ini juga memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah bahkan Rp 0.

"Di sisi lain tujuan dibangunnya gudang tersebut adalah untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” tambah Astri.

Baca juga: Ditjen Pajak Kaji Rencana Penunjukan Tokopedia dkk Jadi Pemungut Pajak

Jumlah gudang bertambah, transaksi ikut naik

Sementara itu, AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia, Samuel Simanjuntak mengatakan, dengan bertambahnya jumlah gudang Dilayani Tokopedia di Surabaya menambah jumlah total gudang menjadi 6 yang sebelumnya telah dibangun di Medan, Palembang, Jakarta, Makassar, dan Bandung.

"Jumlah ini tentu akan bertambah seturut permintaan para UMKM," ungkapnya.

Dia menambahkan, sepanjang kuartal III-2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari 2 kali lipat.

"Di sisi lain, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat," ungkapnya.

Selain itu, untuk penjual yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, mengalami peningkatan transaksi di Jawa Timur lebih dari 1,5 kali lipat.

Sedangkan penjual di Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia mengalami peningkatan transaksi dari luar Jawa Timur sebesar 2 kali lipat.

Di sisi lain, rute Kota Medan ke Kabupaten Merauke, dan Palembang Martadinata ke Kota Jayapura menjadi beberapa pengiriman barang terjauh yang menggunakan Dilayani Tokopedia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com