Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Akses dan Literasi Asuransi, DAI Gelar Puncak Hari Asuransi 2022

Kompas.com - 20/10/2022, 19:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Asuransi yang diperingati setiap tanggal 18 Oktober bakal memasuki tahun penyelenggaraan ke-16.

Rencananya puncak kegiatan Hari Asuransi akan diadakan di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta pada hari Sabtu (22/10/2022).

Perayaan Hari Asuransi merupakan sekaligus menjadi momentum bagi Dewan Asuransi Indonesia (DAI) untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui asuransi.

Baca juga: Viral Video Pelaku Bisnis Asuransi Berpenghasilan Rp 1 Miliar Per Bulan, Bagaimana Caranya?

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Tatang Nurhidayat menjelaskan, tema kegiatan tahun ini adalah Literasi Asuransi Untuk Negeri dengan mengangkat sub tema Kenali, Pahami, Miliki.

“Melalui tema ini, insan asuransi ingin menggambarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan edukasi dan literasi keuangan dalam mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia," ujar dia dalam konferensi pers, Kamis (20/10/2022).

Ia menambahkan, kinerja industri asuransi dapat kembali membaik. Namun begitu, pegiat asuransi masih harus bekerja ekstra lagi dalam memperkenalkan pentingnya asuransi terhadap masyarakat.

“Sebagaimana diketahui, penetrasi asuransi di tanah air dari segi kepemilikan polis masih tergolong rendah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)," ujar Tatang yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI).

Baca juga: Viral Agen Asuransi Punya Penghasilan Rp 1 Miliar, Berapa Komisi yang Didapat?

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti menyebut, pendidikan, kesadaran, dan stigma masyarakat tentang asuransi memang masih menjadi tantangan yang utama.

"Oleh karena itu, kegiatan Hari Asuransi 2022 lebih difokuskan pada Literasi Asuransi kepada masyarakat umum, agar tujuan kami menjadikan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal, memahami dan kesadaran untuk memiliki jaminan asuransi dapat terwujud," imbuh dia.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan pada Hari Asuransi tersebut di antaranya Literasi Asuransi untuk Ojek Online, Literasi untuk UMKM, dan Cerdas Cermat untuk pelajar SMA diberbagai daerah.

Selain itu, ada pula acara Talk Show dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Lomba Menulis, Lomba Film Pendek, Lomba Membuat Konten Media Sosial.

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia bersama AAJI, AAUI, AAJSI, AASI, APPARINDO, APKAI, APARI, PAMJAKI, KUPASI, AAMAI, ISEA, IIS dan didukung oleh Allianz Life Indonesia, Prudential Life Assurance dan Manulife Indonesia, AXA Financial Indonesia, Halodoc, Tugu Insurance, dan Zurich Insurance.

Untuk masyarakat yang ingin ikut dalam Hari Asuransi 2022, acara ini tidak dipungut biaya masuk. Selain itu, akan ada beragam hadiah yang disediakan untuk masyarakat yang hadir.

Baca juga: Bank DBS Sebut Potensi Resesi Global 2023 Tak Berpengaruh ke Bisnis Asuransi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com