Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 4 Hari, Transaksi TEI 2022 Capai 1,87 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 24/10/2022, 10:33 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi memastikan dukungan kepada para pelaku usaha terus dilakukan agar nilai ekspor nonmigas Indonesia semakin besar.

Salah satunya dengan digelarnya Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 atau TEI 2022, yang telah mendapatkan 31 kesepakatan dagang senilai 42,32 juta dollar AS. Salah satu produk yang ditransaksikan adalah produk-produk halal.

"Total nilai 31 kesepakatan dagang tersebut tercatat 42,32 juta dollar AS. Produk yang ditransaksikan meliputi produk makanan dan minuman, produk perawatan, suplemen herbal, fesyen, pupuk organik, rempah-rempah, dan produk halal," ujar Didi dalam siaran resminya, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Di TEI 2022, Dexa Group Perkuat Produknya untuk Ekspor

Didi menambahkan, mitra dagang tersebut berasal dari Malaysia, Mesir, Hungaria, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Saudi Arabia.

Salah satu kesepakatan dilakukan Mustika Ratu dengan mitra dagang dari AS, Jepang, Arab Saudi, Australia, dan UEA dengan nilai kontraknya sebesar 400.000 dollar AS.

Lebih lanjut Didi membeberkan, total nilai penandatanganan kesepakatan dagang mulai dari hari pertama diselenggarakannya TEI.

Total nilai penandatanganan pada hari pertama senilai 1,19 miliar dollar AS, hari kedua senilai 261 juta dollar AS, hari ketiga 376 juta dollar AS, dan hari keempat senilai 42,32 juta dollar AS.

Dengan demikian, total nilai transaksi hingga 22 Oktober 2022 tercatat 1,87 miliar dollar AS.

Baca juga: Mendag: Trade Expo 2022 Diharapkan Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional


Didi menyampaikan apresiasi terhadap perwakilan perdagangan yang turut memfasilitasi penandatanganan tersebut.

"Saya optimistis, kepercayaan dan antusiasme pelaku usaha luar negeri terhadap Indonesia berbanding lurus dengan tema TEI ke-37 Strengthening Global Trade for Stronger Recovery,” ujar Didi.

Untuk diketahui juga, TEI merupakan pameran B2B marketplaces terbesar di Indonesia. Pameran ini dihadiri oleh berbagai perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan, pariwisata, dan investasi,dan masih banyak lainnya.

Kemendag juga mencatatkan ada 1.765 buyers dari 91 negara yang berpartisipasi di gelaran TEI ke-37.

Baca juga: Trade Expo Indonesia 2022, Ini Jadwal dan Lokasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com