Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga KPR Bank Mandiri Naik 25-50 Bps, Cek Suku Bunga "Fixed" Berjenjang 10 Tahun

Kompas.com - 24/10/2022, 11:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menaikkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kenaikan suku bunga KPR Bank Mandiri itu menyesuaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang telah tiga kali mengalami kenaikan.

Seperti diketahui, BI telah menaikkan suku bunga acuannya selama tiga bulan terakhir dengan total kenaikan 125 bps menjadi 4,75 persen.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, untuk menyesuaikan kenaikan suku bunga acuan BI, Bank Mandiri memutuskan untuk menaikkan bunga KPR rata-rata di kisaran 25-50 bps.

Baca juga: Bank Mandiri Telah Salurkan Pembiayaan KPR Rp 47,9 Triliun hingga Oktober 2022

"Bank Mandiri tentunya juga telah melihat kondisi pasar dan mengantisipasi dengan melakukan penyesuaian suku bunga KPR di kisaran 25 hingga 50 bps," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (24/10/2022).

Dia melanjutkan, kenaikan bunga KPR tersebut masih belum berlaku untuk seluruh segmen debitur. Pasalnya, Bank Mandiri masih ingin memberikan pilihan suku bunga yang kompetitif kepada nasabah.

"Meski demikian, hal ini kami lakukan secara terbatas dan sangat selektif hanya untuk beberapa segmen debitur," kata dia.

Baca juga: BNI Tawarkan Bunga KPR Fix Mulai 2,76 Persen, Cek Syaratnya


Adapun saat ini suku bunga dasar kredit (SBDK) Bank Mandiri untuk segmen KPR berada di level 7,25 persen. Meski demikian, SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur atau kelompok debitur. Dengan demikian, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK.

Kendati demikian, kenaikan suku bunga acuan BI ini telah diperkirakan Bank Mandiri sebelumnya sehingga Bank Mandiri akan terus melihat kondisi pasar dengan cermat dan hati-hati.

Selain itu, perseroan akan melakukan kajian potensi penyesuaian suku bunga simpanan dengan mempertimbangkan kondisi likuiditas pasar, struktur biaya dana, respons dari bank lain serta dampak terhadap peningkatan suku bunga kredit.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-24, Bank Mandiri Tebar Promo Bunga KPR 2,4 Persen

Rudi mengatakan, dalam melakukan akusisi debitur, Bank Mandiri akan tetap fokus kepada target utama yang telah terbukti memiliki kualitas baik, yaitu nasabah eksisting yang merupakan nasabah payroll maupun developer pilihan rekanan bank dan juga nasabah segmen employee yang bekerja di perusahaan-perusahaan wholesale kelolaan bank.

Terkait dengan suku bunga KPR, Bank Mandiri saat ini menawarkan suku bunga KPR dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-24 Bank Mandiri, yaitu mulai dari 2,4 persen khusus untuk nasabah pilihan.

Selain itu, untuk memberikan kepastian angsuran bagi debitur, saat ini Bank Mandiri menawarkan suku bunga fixed berjenjang hingga 10 tahun mulai dari 3,98 persen fixed tahun ke-1 sampai tahun ke-3, selanjutnya 7,68 persen fixed tahun ke-4 sampai tahun ke-6, dan selanjutnya 9,68 persen fixed tahun ke-7 sampai tahun ke-10.

Baca juga: Cara Menghitung Cicilan KPR Mudah dengan Karls Mortgage Calculator

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com