Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba AKRA, Pemilik SPBU BP-AKR, Melonjak 96 Persen Kuartal III-2022

Kompas.com - 24/10/2022, 13:25 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) atau yang dikenal dengan BP-AKR mencatatkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,5 triliun pada kuartal III-2022.

Nilai tersebut mengalami kenaikan 96 persen dibandingkan dengan pencapaian periode sama tahun lalu Rp 856 miliar.

Dalam pernyaaan resminya kepada Kompas.com, Direktur dan Corporate Secretary AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan pencapaian ini ditopang oleh pertumbuhan penjualan di segmen perdagangan dan distribusi.

“Kinerja yang kuat ini didukung oleh pertumbuhan 100 persen pada pendapatan AKRA mencapai Rp 34,6 triliun yang didorong oleh pertumbuhan penjualan di segmen perdagangan dan distribusi,” kata Suresh melalui pesan singkat, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Per 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun, Kini Hanya Terpaut Rp 250 Dibanding BP 92 di BP-AKR

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, kinerja positif tersebut ditopang oleh laba usaha yang melonjak menjadi Rp 1,9 triliun di sembilan bulan pertama tahun 2022, dibanding periode sama tahun lalu Rp 1 triliun.

Pendapatan dari kontrak dengan pelanggan juga mengalami pertumbuhan 101,3 persen menjadi Rp 34,3 triliun pada kuartal III-2022, dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 17 triliun. Pendapatan sewa juga naik menjadi Rp 210 miliar, dibanding periode sama tahun lalu Rp 176 miliar.

Baca juga: BPH Migas Tugaskan Pertamina dan AKR Corporindo Salurkan 15,1 Juta Kiloliter Solar

Demikian juga dengan beban usaha pokok penjualan dan pendapatan yang juga naik 103,3 persen menjadi Rp 31,8 triliun dibanding periode sama tahun 2021 Rp 15,6 triliun. Beban umum dan administrasi juga naik menjadi Rp 727 miliar, dari yang sebelumnya Rp 491 miliar. Beban Pejualan juga mengalami kenaikan dari Rp 37,6 miliar menjadi Rp 57,8 miliar.

“Perusahaan terus mempertahankan neraca yang kuat dan dengan arus kas yang lebih baik. Net gearing perusahaan mencapai (minus) 0,13x dengan saldo kas yang kuat sebesar Rp 4,37 triliun per 30 September 2022,” tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+