Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Life Beri Bantuan Peralatan Kepada UMKM Makanan Ringan di Banjarnegara

Kompas.com - 24/10/2022, 14:04 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi wanita pengusaha makanan ringan (Aswapemari) yang merupakan kelompok wanita pengusaha makanan ringan di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya memperoleh bantuan dari BRI Life.

Kelompok usaha yang terdiri dari 35 anggota aktif wanita ini, memperoleh modal kerja melalui bantuan peralatan senilai Rp 32 juta, asuransi, dan sertifikat halal. Kelompok usaha yang sudah terbangun sejak 11 tahun ini mengembangkan usaha makanan ringan, bertujuan untuk membantu perekonomian keluarga.

Ketua Aswapemari Sukini mengatakan, awal mula terbentuknya asosiasi ini adalah untuk membuka peluang bagi anggota-anggotanya dalam menerima manfaat bantuan, termasuk pendanaan dan pemberdayaan untuk mendukung keberlanjutan usaha.

“Kami terbentuk dari kelompok-kelompok wanita pengusaha makanan ringan yang tersebar di banjarnegara yang memiliki tujuan yang sama dan keinginan untuk berhimpun, berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk kemajuan usaha,” ujar Sukini, dalam siaran pers, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Syarat, Biaya, dan Cara Buka Rekening BRI Online 2022

Dalam rangka ulang tahun BRI Life yang ke-35 tahun, Aswapemari memperoleh bantuan untuk meningkatkan kapasitas usaha dengan sejumlah peralatan untuk menunjang proses pengemasan produk dan pelatihan.

Dalam hal pelatihan, BRI Life bekerjasama dengan BRI Research Institute menggandeng Pusat Inkubasi Bisnis, Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, Universitas Negeri Jenderal Soedirman.

“Kegiatan pelatihan yang diberikan oleh BRI Life ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha UMKM makanan ringan. Selain itu, peralatan untuk menunjang proses pengemasan produk dan pelatihan juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas produk,” tambahnya.

Baca juga: BRI Life Bayar Klaim Nasabah Rp 3,6 Triliun hingga Kuartal III-2022

Kegiatan pemberdayaan bagi anggota para Aswapemari ini dilangsungkan pada Bulan Oktober 2022, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan Indonesia dan sekaligus dilangsungkan peresmian Rumah Kemasan Aswapemari pada tanggal 20 Oktober 2022.

Dalam kesempatan ini BRI Life juga memberikan sosialisasi manfaat asuransi dan asuransi gratis kepada para peserta sebagai bagian dari upaya literasi dan inklusi asuransi. BRI Life berharap manfaat dari kegiatan pemberdayaan ini dapat berkelanjutan sehingga dapat membantu peningkatan taraf hidup anggota Aswapemari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com