Ini Ketentuan Pungutan Biaya Layanan Shopee Sebesar Rp 1.000 per Transaksi

Kompas.com - 24/10/2022, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform marketplace di Indonesia mulai mengenakan biaya layanan untuk setiap transaksi dalam aplikasi. Kali ini giliran Shopee yang memungut biaya layanan kepada pengguna.

Dikutip dari aplikasi Shopee, marketplace milik Sea Limited itu telah resmi mengenakan biaya layanan sejak Minggu (23/10/2022) kemarin. Adapun biaya layanan Shopee yang dikenakan sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs atau aplikasi perusahaan tersebut.

"Shopee menerapkan biaya layanan untuk mengembangkan teknologi kami agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik lagi," tulis Shopee, dikutip Senin (24/10/2022).

Baca juga: Shopee dan Tokopedia Kenakan Biaya Tambahan Rp 1.000 Per Transaksi

Dalam pelaksanaannya, terdapat sejumlah ketentuan yang perlu diketahui oleh pelanggan. Ini meliputi kapan biaya pelayanan dalam transaksi dikenakan, pengecualian transaksi, hingga pengembalian dana.

Lalu, kapan biaya layanan Shopee dikenakan?

Biaya layanan Shopee sebesar Rp 1.000 per transaksi baru akan dikenakan kepada pengguna yang telah melakukan 4 kali transaksi terhitung sejak memiliki akun di Shopee, dengan menggunakan metode pembayaran apa pun tanpa minimum pembelian.

Dengan demikian, biaya layanan mulai dikenakan pada transaksi ke-5 setiap akun Shopee dan seterusnya.

Biaya layanan pun dikenakan dalam setiap transaksi. Artinya, apabila pengguna melakukan satu transaksi dari dua toko yang berbeda, maka biaya layanan yang dikenakan tetap sebesar Rp 1.000.

Pengecualian Biaya Layanan Shopee

Baca juga: Usai Tokopedia, Giliran Shopee Pungut Biaya Layanan Rp 1.000

Shopee menyatakan, biaya layanan tidak berlaku untuk transaksi produk digital. Adapun produk digital yang dimaksud oleh Shopee meliputi, isi ulang, tagihan, transportasi & akomodasi, hiburan, dan keuangan.

Selain itu, perusahaan tersebut juga mengecualikan biaya layanan Shopee untuk produk digital lain sepert zakat dan donasi. Sementara untuk produ digital yang disertakan dalam pembelian produk fisik tetap dikenakan biaya layanan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.