Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: RI Komitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca 29 Persen pada 2030

Kompas.com - 25/10/2022, 13:04 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Indonesia sudah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca mencapai 29 persen pada 2030. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016.

"Sehingga tahun 2060 menjadi negara net zero emisi. Melalui usaha sendiri dengan target 29 persen, melalui bantuan internasional sebanyak 41 persen," kata Budi dalam acara HIMPUNI secara virtual, Selasa (25/10/2022).

Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan siap mendukung industri kendaraan listrik terutama industri baterai sebagai bentuk upaya pengurangan emisi gas rumah kaca.

Baca juga: Menhub: Kendaraan Listrik Akan Jadi Moda Utama yang Dikembangkan di IKN Nusantara

Ia mengatakan, Presiden juga mendukung agar kendaraan listrik menjadi moda utama yang dikembangkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Beliau (Presiden Jokowi) juga menyampaikan bahwa ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda yang utama kita termasuk jadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan di IKN," ujarnya.

Budi juga mengatakan, pemerintah terus mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan isu prioritas dalam perhelatan G20 yaitu energi berkelanjutan.

Baca juga: IHSG Sesi I Parkir di Zona Merah


Pemerintah, kata dia, telah menerbitkan beberapa regulasi untuk mempercepat transisi kendaraan dengan bahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, saat ini, jumlah sertifikasi uji tipe kendaraan listrik di Indonesia sudah mencapai 31.000 unit.

Karenanya, pemerintah akan terus melakukan kampanye untuk mendorong konversi motor BBM menjadi motor listrik berbasis baterai.

"Angkutan massal perkotaan telah dikembangkan di beberapa kota akan diperluas, di Bandung Surabaya akan kita berikan skema by service," ucap dia.

Baca juga: Cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com