Buka Rekening Bisa Online, Bank Harus Perkuat Keamanan Siber

Kompas.com - 25/10/2022, 14:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren digitalisasi telah membuat masyarakat bisa menikmati layanan pembukaan rekening bank secara online, tanpa perlu repot antre di kantor cabang bank.

Namun Founder dan Group Chief Executive Officer VIDA Niki Luhur mengingatkan pentingnya keamanan dalam sistem pembukaan rekening tabungan secara online. Sebab secara teknis potensi fraud bisa saja terjadi jika tingkat kemanan dari bank belum benar-benar ketat.

"Yang pasti dengan permohonan izin dari masing-masing nasabah akan menggunakan data (pribadi) untuk verifikasi," ujarnya saat wawancara ekslusif di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Baca juga: OJK Minta Masyarakat Waspada terhadap Kejahatan Siber

Menurut dia, semua layanan yang terkait dengan data pribadi harus dijaga. Salah satu caranya yakni perbankan harus memiliki tingkat kemanan siber yang tinggi.

Niki menyebutkan, ada beberapa standar internasional terkait tingkat keamanan siber. Salah satunya yakni ISO 27001 untuk sistem keamanan informasi.

"Tapi ada yang lebih advance lagi yaitu webtrust yang benar-benar keamanan paling tinggi yang ada 330 aspek yang diaudit setiap tahun oleh pihak dan badan pengakreditasi yang independen secara global," jelas Niki.

Baca juga: MPX GO Tawarkan Biaya Logistik Kargo mulai Rp 2.500 Per Kg

Niki juga mengatakan standar tingkat keamanan bukan dibangun atau dibuat sendiri, tapi memang sudah ditetapkan oleh lembaga khusus untuk pengakreditasian.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintah dalam hal ini adalah Kominfo mau mendorong lembaga-lembaga untuk memiliki standar keamanan siber yang tinggi serta memiliki basis hukum yang kuat di Tanah Air.

"Ini semuakan untuk kepentingan kenyamanan konsumen. Kita pasti mau, mudah-mudahan someday kita bisa segampang itu bisa buka rekening secara online." pungkasnya.

Baca juga: Menhub: RI Komitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca 29 Persen pada 2030

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Budaya Memotivasi
Budaya Memotivasi
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.