Kompas.com - 26/10/2022, 09:30 WIB


KOMPAS.com – Rencana pemberlakuan sistem pembayaran tol MLFF atau Multi Lane Free Flow makin menuju kenyataan. Seperti apa penerapan MLFF di Indonesia?

MLFF artinya sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti. Terkait hal ini, cara kerja MLFF berbeda dengan sistem pembayaran yang sudah berlaku selama ini.

Dengan sistem pembayaran MLFF, nantinya pengguna tol bisa langsung masuk gerbang tol tanpa menempelkan kartu uang elektronik atau e-toll.

Baca juga: Apa Itu Pembayaran Tol Nirsentuh? Ini Pengertian dan Cara Kerja MLFF

MLFF di Indonesia diterapkan bertahap

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit sudah beberapa kali menyampaikan penjelasan terkait hal ini.

Danang mengungkapkan bahwa pemberlakuan sistem pembayaran tol MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Sistem pembayaran MLFF akan dijajal terlebih dulu di beberapa ruas tol. Adapun ruas mana yang akan diujicobakan, masih dalam tahap pembahasan.

Baca juga: Beda Cara Transaksi Pakai Kartu E-toll dan Pembayaran Tol Nirsentuh

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," ujar Danang dikutip dari laman resmi BPJT pada Rabu (26/10/2022).

Yang jelas, pemasangan pertama gantry MLFF telah dilakukan di jalan tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022 lalu.

Sementara pemasangan gantry MLFF berikutnya juga dilakukan di jalan tol JORR S KM 33+635 pada 23-24 Oktober 2022.

Setelah itu, akan dilakukan uji coba pada kedua gantry di jalan tol Jagorawi dan JORR S tersebut untuk memastikan semua sistem peralatan bekerja dengan baik.

Baca juga: Ini Daftar Tarif Tol Malang-Pandaan 2022 Golongan I-V

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.