Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Penipuan Rekrutmen dan Lelang yang Mencatut Pegadaian, Simak Modusnya

Kompas.com - 26/10/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan adanya upaya penipuan yang mengatasnamakan direksi Pegadaian baru-baru ini.

Humas PT Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan, saat ini beredar upaya penipuan rekrutmen karyawan yang mengatasnamakan Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan.

"Modusnya dengan cara mengirimkan undangan penerimaan calon karyawan baru untuk mengikuti tahapan seleksi di Jakarta," kata dia dalam siaran pers, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Untung Rugi Menabung Emas di Pegadaian

Ia menambahkan, selanjutnya calon pencari kerja diminta untuk transfer sejumlah uang untuk biaya transportasi dan penginapan.

"Informasi ini jelas palsu mengingat dalam setiap rekrutmen karyawan, para pelamar tidak dipungut biaya apapun,” imbuh dia.

Tak hanya itu, Basuki menuturkan, saat ini juga beredar nomor Telegram dan Whatsapp palsu yang mengaku sebagai Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Elvi Rofiqotul Hidayah.

Melalui nomor ini, Basuki bilang, pelaku menawarkan barang-barang yang diklaim sebagai lelang dari Pegadaian.

Padahal sejalan dengan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) seluruh Insan Pegadaian dilarang melakukan bisnis pribadi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan bagi para pihak.

Baca juga: Daftar Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian, Apa Saja?

Adapun, proses lelang dilakukan melalui proses resmi yang dilakukan di outlet-outlet Pegadaian, bazar, atau pameran yang digelar Pegadaian.

Dalam hal ini, Basuki menegaskan, direktur utama tidak menangani proses rekrutmen karyawan.

Begitu pula, direktur pemasaran dan pengembangan produk tidak melakukan transaksi langsung dalam proses lelang barang jaminan. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk hati-hati apabila mendapatkan informasi senada.

Basuki mengharapkan agar masyarakat hati-hati dan waspada, serta melakukan konfirmasi melalui outlet Pegadaian terdekat, call center 1500 569 atau Whatsapp resmi 0811 1500 569.

Baca juga: Syarat dan Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+