Seputar Tol Soreang-Pasir Koja: Sejarah, Rute, dan Tarifnya

Kompas.com - 27/10/2022, 08:29 WIB


KOMPAS.com – Informasi seputar tarif Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) penting diketahui bagi Anda yang hendak melintasi ruas tersebut.

Ketentuan mengenai tarif Tol Soroja 2022 dibedakan berdasarkan beberapa golongan kendaraan. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan rute Tol Soroja.

Terdapat beberapa gerbang Tol Soroja yang bisa dimanfaatkan. Agar perjalanan Anda lancar, pastikan memilih pintu keluar Tol Soroja sesuai tujuan yang dikehendaki.

Baca juga: Pahami Beda Ketentuan Golongan Kendaraan di Tol dan Pelabuhan

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, dirangkum dari laman resmi cmlj.co.id dan bpjt.pu.go.id pada Kamis (27/10/2022).

Sejarah Tol Soroja

Tol Soroja adalah jalan tol dalam kota pertama di Bandung Raya. Tol ini menghubungkan Soreang – Pasir Koja, yang sekaligus memberikan konektivitas antara Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Hak pengusahaan tol ini dimiliki oleh PT Citra Marga Lintas Jabar. Keberadaan Tol Soroja berawal dari proses lelang yang dilakukan pada Juni 2015.

Selanjutnya, penandatanganan Perjajian Pengusahaan Jalan Tol Soroja berlangsung pada September 2015 yang dilanjutkan dengan proses konstruksi.

Baca juga: Mengenal Sistem Pembayaran Tol MLFF dan Cara Kerjanya

Pembangunan Tol Soroja rampung pada November 2017. Tol ini kemudian dapat beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 4 Desember 2017.

Sejak diresmikan, tarif Tol Soreang-Pasir Koja telah beberapa kali mengalami perubahan. Kini, ketentuan terbaru mengacu pada aturan tarif Tol Soroja 2022.

Jalan Tol Soroja terintegrasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi. Untuk memanfaatkan integrasi tersebut, Anda perlu memahami rute Tol Soroja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.