Kompas.com - 27/10/2022, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Presidensi G20 pada November tahun ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri Puja Genta Pinara dan doa bersama yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bali di Peninsula ITDC, Nusa Dua, Rabu (26/10/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengatakan, persiapan KTT G20 sudah mencapai 95 persen dan meminta agar masyarakat Indonesia bersama-sama terus mendukung serta berdoa akan kelancaran acara tersebut.

Baca juga: Luhut Minta Persoalan Industri Udang Diselesaikan: Jangan Mulai dengan Banyak Masalah

"Persiapan sudah 95 persen. Baik di GWK, jalan-jalan, Tahura, maupun venue di Apurva sudah siap. Malam ini oleh Bapak Gubernur Bali dibuat acara doa bersama. Ada 1.200 pemangku adat dan ada 1.493 desa adat seluruh Bali yang hadir. Ya kira-kira 150.000 yang berdoa bersama malam ini untuk kesuksesan G20 dan juga untuk kejayaan Indonesia," kata dia dikutip melalui siaran pers Kemenko Marves.

Melalui doa bersama ini, Luhut berharap agar pemimpin-pemimpin dunia yang akan berkumpul pada Presiden G20 nanti dalam keadaan damai,

"Presiden Jokowi akan menjadi jembatan dalam mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut. Upaya itu pasti dan sedang dilakukan," lanjutnya.

Luhut yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaran Acara KTT G20 beserta rombongan meninjau persiapan konferensi tingkat internasional tersebut. Adapun peninjauan dilakukan untuk melihat perkembangan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kura-Kura Bali, dan The Apurva Kempinski Bali.

Baca juga: Luhut Targetkan RI Jadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik Terbesar Pada 2028

Selain itu, GWK Cultural Park juga akan menjadi salah satu tempat pagelaran Presidensi G20. Nantinya, GWK akan menjadi tempat jamuan utama makan malam untuk Presiden beserta para kepala Negara KTT G20. Terdapat tiga fokus yang dibenahi, yaitu penataan gerbang, akses jalan, dan perbaikan fasilitas utama.

Tak hanya itu, Jokowi beserta Kepala Negara G20 akan bertemu dalam puncak KTT G20 di The Apurva Kempinski. Nantinya, ballroom hotel ini akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Presidensi G20 2022 yang mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" ini diharapkan dapat memberikan hasil yang baik bagi dunia sebagai bentuk pemulihan pasca pandemi Covid-19. Maka dari itu, pemerintah Indonesia terus berupaya mempersiapkan kebutuhan dan kelengkapan acara agar berjalan dengan baik.

Baca juga: Luhut: Kita Akan Berikan Subsidi Kendaraan Listrik untuk Angkutan Umum

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.