Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaib dan Stockbit Sekuritas Kena Sanksi BEI gara-gara Hal Ini

Kompas.com - 27/10/2022, 19:21 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan sanksi teguran tertulis kepada dua anggota bursa, yakni PT Stockbit Sekuritas Digital dan PT Ajaib Sekuritas Asia.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Irvan Susandy mengatakan, Ajaib dan Stockbit dikenakan sanksi karena berdasarkan hasil pemeriksaan Bursa ditemukan bahwa Perusahaan belum konsisten menerapkan ketentuan yang berlaku terkait pengendalian informasi teknologi.

"Hal-hal yang menjadi concern Bursa telah dikomunikasikan kepada Perusahaan, dan saat ini sedang dalam proses pendampingan untuk tindak lanjut catatan-catatan Bursa," jelas Irvan dalam pesan singkat, dikutip dari Kontan.id, Kamis (27/10).

Baca juga: Melesat 42 Persen, BSI Bukukan Laba Bersih Rp 3,21 Triliun Pada Kuartal III 2022

Dalam pengumuman BEI, Rabu (26/10), kedua sekuritas tersebut belum sepenuhnya menerapkan ketentuan Pedoman Fasilitas Pesanan Langsung dan Automated Ordering, Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi Operasional Brokerage Office System (BOFIS) Anggota Bursa Efek.

Selain itu, baik Stockbit maupun Ajaib Sekuritas juga belum sepenuhnya menerapkan Pedoman Penilaian Kelayakan Implementasi BOFIS Anggota Bursa, serta ketentuan pengendalian internal terkait dengan teknologi informasi secara konsisten.

Sebagai informasi, Ajaib Sekuritas merupakan perusahaan teknologi finansial (tekfin) ketujuh di Indonesia yang menyandang status unicron. Bahkan menjadi tekfin unicorn investasi pertama di Asia Tenggara.

Baca juga: Laba Bersih Unilever Tumbuh 5 Persen Jadi Rp 4,6 Triliun Pada Kuartal III-2022

Ajaib Sekuritas berada di bawah naungan Ajaib Group yang berdiri sejak 2018 bersama dengan PT Takjub Teknologi Indonesia yang mengelola reksa dana atau Ajaib Reksa Dana.

Ajaib Sekuritas telah berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992

Sementara itu, Stockbit Sekuritas Digital, yang dulu bernama PT Mahakarya Artha Sekuritas (MAS). Adapun Stockbit resmi mengakuisisi MAS dan mengganti nama perusahaannya sejak awal 2022.

Sumber Kontan.id (Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.id dengan judul "Ajaib dan Stockbit Sekuritas Kena Tegur BEI, Ini Penyebabnya"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com