Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamenaker Optimis 21.000 Lebih Pencari Kerja Terserap di Festival Job Fair

Kompas.com - 28/10/2022, 15:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor mengatakan, dengan berlangsungnya Festival Job Fair yang dimulai hari ini (28/10/2022) hingga 30 Oktober, mampu menyerap tenaga kerja hingga kisaran 21.000 lebih pelamar.

"Hampir 21.000 lebih penyerapan tenaga kerjanya, harapannya. Jadi peluang (Job Fair) ini terus terbuka, ditambah lagi banyak perusahaan yang hadir (ikut serta) dalam Festival Job Fair ini. Hampir 21.000 lebih serapan tenaga kerja," katanya ditemui dalam pembukaan Festival Job Fair, Jumat.

Job Fair yang dihelat oleh Kemenaker ini diikuti 175 perusahaan. Diadakannya Job Fair ini, lanjut Wamenaker, sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran serta PHK yang melonjak.

Baca juga: Kemenaker Gelar Job Fair di JCC Senayan 28-30 Oktober, Tersedia 22.000 Lowongan Kerja

Selain ditujukan buat para pelamar, Kemenaker juga menyediakan booth-booth pelatihan untuk peningkatan keahlian (skill) atau yang belum memiliki keahlian. Melalui Balai Pelatihan Kerja (BLK) milik Kemenaker.

"Yang jelas dalam kondisi sekarang perekonomian kita, dunia khususnya sedang melanda dan Indonesia kena dampak juga. Dengan adanya festival ini kita akan mencoba mengurangi pengangguran," ucapnya.

Baca juga: Lowongan Kerja Bank BTN untuk Lulusan D3-S1, Simak Persyaratannya

"Karena Kementerian Ketenagakerjaan akan melatih orang-orang untuk wirausaha dan melatih mereka yang tadinya tidak ada skill, jadi ada skill. Termasuk kita melatih juga anak-anak yang siap untuk bekerja di luar negeri," sambung Wamenaker.

Dalam Job Fair Kemenaker ini, beberapa kementerian turut terlibat untuk memberikan pelatihan kepada para pencari kerja.

"Hari ini juga hadir beberapa kementerian yang ikut bersinergi dan hadir, seperti Kemenkop UKM, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kemendikbudristek, dan Kementerian PUPR," ucap Wamenaker.

Acara festival, sertifikasi dan Job Fair ini terbuka untuk umum dan gratis melalui ekosistem ketenagakerjaan SiapKerja. Adapun untuk info dan pendaftaran bisa diakses melalui website https://fpv.kemnaker.go.id/.

Baca juga: Daftar Lowongan Kerja Pekan Ini, dari Bank Indonesia hingga Telkom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com