Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Juta Orang Indonesia "Streaming" Youtube di TV, Ini 3 Kategori yang Paling Digemari

Kompas.com - 28/10/2022, 15:39 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Platform video streaming YouTube sudah diluncukan di Indonesia selama sepuluh tahun. Google Indonesia mencatat lebih dari 25 juta masyarakat Indonesia melakukan streaming video YouTube melalui televisi atau smart TV pada 2022.

Sebanyak 80 persen dari jumlah tersebut merupakan orang dewasa yang berada di kota-kota besar. Adapun tiga kategori teratas yang paling digemari adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

“87 persen pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74 persen responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing Google Indonesia secara virtual, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Saat Uang Koin Rp 500 Melati Dijual Rp 5.000 Per Keping...

Yolanda mengatakan, sejak YouTube Shorts diluncurkan pada tahun 2021, channel yang mengunggah video shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengunggah video berdurasi panjang.

Berdasarkan laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59 persen konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai.

“Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman. YouTube adalah satu-satunya platform yang cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” ujar Yolanda.

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. Menurut data YouTube pada kuartal I-2022, waktu menonton YouTube tumbuh secara signifikan untuk beberapa tontonan.

Baca juga: Ini Asuransi untuk Masyarakat yang Gemar Berolahraga dan Bepergian


Seperti, video tim sepak bola Indonesia naik 400 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021 atau secara tahunan, video renovasi naik 70 persen secara tahunan, dan video motivasi kebugaran wanita naik 100 persen secara tahunan.

“Mulai dari awareness hingga action, memiliki hubungan yang mendalam. Melalui tools Google, tentunya ada cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing,” lanjut dia.

Saat ini ada lebih dari 1.300 channel di Indonesia yang memiliki lebih dari satu juta subscriber. Jumlah channel ini naik 30 persen di banding periode sama tahun 2021. Sementara untuk channel dengan jumlah subscriber lebih dari 100.000 tumbuh 35 persen, jika dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Ekonom: Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Utang, tapi Keputusan Tetap di Bank

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com