Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Oktober 2022 Diproyeksi Mencapai 0,05 Persen, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 29/10/2022, 08:06 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin akan mengerek inflasi menjadi 0,05 persen pada Oktober 2022. Hal itu berdasarkan hasil survei pemantauan harga pada pekan keempat Oktober 2022.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, hasil survei menunjukkan komoditas bensin menyumbangkan inflasi Oktober 2022 terbesar, yakni 0,05 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Baca juga: BI Sebut Percuma Ekonomi Tumbuh, Kalau Inflasi Tumbuh Lebih Tinggi

Kemudian, tarif angkutan dalam kota menyumbangkan inflasi sebesar 0,04 persen mtm, tahu mentah sebesar 0,02 persen mtm, serta beras, tempe, angkutan antar kota, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen mtm.

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu IV Oktober 2022, perkembangan harga sampai dengan minggu keempat Oktober 2022 diperkirakan inflasi sebesar 0,05 persen(mtm).," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Inflasi September Tertinggi sejak 2014, Ekonom Sebut Bukan Skenario Terburuk

Sementara itu, pada periode yang sama sejumlah komoditas mencatatkan penurunan harga sehingga menyumbangkan deflasi.

Tercatat komoditas yang menyumbang deflasi pada pekan keempat Oktober 2022, yaitu cabai merah sebesar 0,11 persen mtm dan telur ayam ras sebesar sebesar 0,07 persen mtm.


Kemudian, daging ayam ras menyumbang deflasi di periode ini sebesar 0,04 persen mtm, cabai rawit sebesar 0,03 persen, serta tomat dan daging sapi sebesar 0,01 persen mtm.

"BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut," ucap Erwin.

Baca juga: Badan Pangan Nasional: Beras Jadi Komoditas Pangan Penyebab Inflasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com