Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR: Semua Pekerjaan Proyek Strategis Nasional Harus Selesai Semester I-2024

Kompas.com - 31/10/2022, 12:38 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Kementerian PUPR dapat merampungkan seluruh pekerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan non-PSN pada semester 1 tahun 2024.

"Pada 2023-2024, dua tahun terkahir dari Kabinet Maju ini, kita dari PUPR, pesan khususnya (Presiden Jokowi) adalah semua pekerjaan PSN maupun non PSN semua harus selesai semester 1 2024," kata Basuki dalam Rakorbangwil Program 2024 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Karenanya, Basuki mengatakan, kriteria pembangunan baru harus selektif dan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 120 Tahun 2022 tentang Penugasan Khusus Dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur.

Baca juga: Kementerian PUPR: Keterlibatan UMKM di Rest Area Tol Trans-Jawa di Atas 70 Persen

Ia mengatakan, berdasarkan Perpres 120/2022, terdapat 21 pembangunan yang bisa dikerjakan Kementerian PUPR, salah satunya Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur.

"Kemudian misalnya ada saat kunjungan kerja pak presiden itu, pasar di Bangka Selatan itu harus diselesaikan kemudian dermaga-dermaga yang sebenarnya bukan tupoksi PUPR, itu dikasih payung hukumnya Perpres 120/2022," ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN Pastikan Pembangunan IKN Bagian Proyek Strategis Nasional

 


Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pihaknya juga melakukan operasi, pemeliharaan dan optimalisasi pembangunan infrastruktur agar bermanfaat bagi masyarakat.

Ia mengatakan, hal ini harus sejalan dengan program prioritas pada 2024 yaitu infrastruktur kerakyatan.

"Jadi enggak ada lagi nanti pada tahun 2023-2024 alasan tidak ada anggaran. Bagi PUPR, bagi saya, enggak ada anggaran itu karena tidak diprogramkan dengan baik, prioritasisasinya kurang tajam," ucap dia.

Baca juga: Pemerintah Klaim Proyek Strategis Nasional Serap 11 Juta Tenaga Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com