Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombak Jajaran Kemenkeu, Sri Mulyani Lantik 3 Pejabat Eselon I

Kompas.com - 01/11/2022, 19:16 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merombak jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), termasuk pejabat eselon I. Terdapat 638 pejabat yang dilantik, termasuk di antaranya tiga pejabat eselon I.

Pejabat eselon I tersebut yakni Astera Primanto Bhakti sebagai Direktur Jenderal Perbendaharaan, Luky Alfirman dilantik sebagai Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, dan Suminto sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko.

Sebelumnya Astera menjabat sebagai Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Luky sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, serta Suminto sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional.

Baca juga: Ini Alasan SiCepat Ekspres Belum Bisa Hapus Sistem COD

Adapun sebelumnya posisi Direktur Jenderal Perbendaharaan dijabat oleh Hadiyanto yang saat ini sudah memasuki masa pensiun.

"Untuk seluruh pejabat, saya berpesan tingkatkan kolaborasi dan sinergi, karena kita semua paham betapa semakin kompleksnya tantangan dalam perekonomian kita," ujar Sri Mulyani dalam acara pelantikan di Kantor Kemenkeu, Selasa (1/11/2022).

Ia mengatakan, perombakan jajaran di lingkungan Kemenkeu merupakan upaya berkala untuk penyegaran dan revitalisasi seluruh unit di Kemenkeu. Harapannya, dengan perombakan ini bisa meningkatkan integritas dan kolaborasi agar sigap menghadapi tantangan dan mengawal pemulihan ekonomi.

Baca juga: Jumlah Kunjungan Wisman Melonjak Tinggi


Bendahara Negara itu menekankan, kondisi perekonomian global saat ini memang tengah dihadapkan sejumlah tantangan yang kompleks dan berat, seiring dengan masih memanasnya perang antara Rusia dan Ukraina.

Saat ini harga komoditas melonjak yang memicu kenaikan inflasi. Kondisi tingginya inflasi pun direspons bank-bank sentral dengan kenaikan suku bunga acuan yang memicu pelemahan pertumbuhan ekonomi, bahkan ekonomi global diproyeksi mengalami resesi pada 2023.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani meminta jajarannya untuk sigap menghadapi setiap tantangan perekonomian, baik dari faktor eksternal maupun domestik.

Baca juga: Elon Musk Caplok Twitter, Kripto Dogecoin Melesat Lebih dari 100 Persen Selama Sepekan

"Kemenkeu diharapkan merespons dan menghadapi tantangan dengan sigap. Ini bukan masa yang normal. Saya berharap jajaran kemenkeu bisa mendedikasikan dirinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, beyond normal function," ungkap dia.

Adapun selain pelantikan tiga jabatan eselon I, terjadi promosi antar unit yang melibatkan 11 unit eselon I dan II unit noneselon, terdiri dari 39 pejabat di eselon III, 79 pejabat eselon IV, dan 3 pejabat unit non eselon.

Selain itu, dilakukan mutasi internal di unit eselon I sebanyak 321 pejabat eselon III dan 52 orang pejabat eselon IV.

Lalu mutasi jabatan fungsional pada tingkat madya sebanyak 108 orang pemeriksa pajak di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan 6 orang auditor di Inspektorat Jenderal, serta pengangkatan 27 orang pada jabatan analisis Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Baca juga: Asetnya hanya Rp 3,1 Miliar, Bank Artha Graha Ajukan Pembubaran Dana Pensiun ke OJK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com