Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, Bentuk, dan Contohnya

Kompas.com - Diperbarui 14/08/2023, 13:37 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis adalah kata yang sudah tidak asing lagi. Bisnis seringkali diartikan dengan dagang, meski definisi dari keduanya memiliki perbedaan. Lalu, apa itu bisnis

Pengertian bisnis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan atau bidang usaha atau usaha dagang. 

Sementara pengertian bisnis menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bisnis adalah kegiatan dengan menggunakan modal tertentu untuk memperoleh laba, seperti industri, perdagangan, dan pengangkutan (business).

Dalam konteks sederhana, bisnis adalah suatu kesibukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan kepada seseorang.

Baca juga: Waspadai Koreksi IHSG Jelang Pengumuman Hasil Rapat Kebijakan Moneter The Fed

Sedangkan dalam konteks entitas sebagaimana dikutip dari Investopedia, bisnis adalah sebuah badan usaha atau organisasi yang terlibat dalam kegiatan komersial, industri, atau profesional. Kegiatan bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian bisnis menurut ahli

Dilansir dari Gramedia.com, berikut beberapa pengertian bisnis menurut para ahli.

1. Hughes dan Kapoor

Hughes dan Kapoor mengatakan bahwa bisnis adalah sebuah aktivitas individu atau sekelompok individu yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan sebuah barang atau jasa yang dapat dijual kepada konsumen demi memperoleh keuntungan sekaligus dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

2. Hooper

Menurut Hooper, bisnis adalah semua hal yang kompleks yang ada di dalam berbagai macam bidang, seperti penjualan dan industri, industri dasar, processing dan industri, manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, transportasi, asuransi, dan lain-lain yang kemudian semua bidang tersebut masuk ke dalam dunia bisnis secara menyeluruh.

Baca juga: Kemenkeu Optimistis Inflasi Bisa Dijaga di Bawah 6 Persen di 2022

3. Merriam Webster

Sementara menurut Merriam Webster, bisnis adalah sebuah kegiatan, seperti pembuatan, pembelian, dan penjualan barang dan jasa yang kemudian ditukar dengan uang.

Dia mengatakan bahwa bisnis adalah suatu kegiatan yang termasuk bagian dari pekerjaan serta beberapa kegiatan yang sudah diselesaikan oleh perusahaan, toko, pabrik, dan sebagainya.

4. Griffin dan Ebert

Griffin dan Ebert mengatakan, bisnis adalah sebuah lembaga atau organisasi yang menyediakan atau menghasilkan barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com