Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk hingga Daniel Zhang Bakal Kumpul di Bali, Hadiri B20 Summit 2022

Kompas.com - 04/11/2022, 21:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tengah mempersiapkan puncak kegiatan B20 Summit 2022 yang diselenggarakan pada 13-14 November 2022 di Bali.

Chair of B20 Indonesia sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, B20 Summit 2022 akan dihadiri CEO Tesla Elon Musk, CEO Unilever Alan Jope, hingga Chairman of Alibaba Group Daniel Zhang.

Selain itu, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Managing Director World Bank Mari Elka Pangestu, hingga Founder and Executive Chairman of World Economic Forum Klaus Schwab juga dijadwalkan akan hadir.

Baca juga: Elon Musk Akan Jadi Pembicara di B20 Summit Indonesia 2022, Bahas Apa?

"CEO-nya banyak yang bagus-bagus (akan hadir di B20 Summit 2022)," ujarnya saat Press Conference B20 Summit tahun 2022 di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Host of B20 sekaligus Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menambahkan, terdapat tiga kunci utama dalam tema besar B20 kali ini.

Pertama, melanjutkan pemulihan dan pertumbuhan kolaboratif dengan memfasilitasi kerja sama lintas batas untuk bersama-sama pulih lebih kuat.

Kedua, meningkatkan ekonomi global yang inovatif dengan memanfaatkan potensi kemajuan teknologi dan kreativitas yang pesat.

Baca juga: Akuisisi Twitter, Elon Musk Langsung Pecat Sejumlah Petingginya


Ketiga, menempa masa depan yang inklusif dan berkelanjutan melalui pemberdayaan perempuan dan UMKM serta melestarikan bumi layak huni.

“Melalui forum B20, KADIN Indonesia dan komunitas bisnis internasional bisa membantu pemerintah untuk memformulasikan, merumuskan dan merekomendasikan serta mengadvokasi kebijakan yang terkait pemulihan sosial ekonomi menjadi 25 policy recommendation dan 68 policy action yang menjadi hasil kerja besar Presidensi B20 Indonesia," jelas Arsjad.

Sebagai informasi, rangkaian Presidensi B20 Indonesia 2022 telah dilakukan sepanjang 2022, dimulai dari Januari lalu dengan B20 Indonesia menggelar rangkaian pertemuan, dialog, dan merangkum rekomendasi dari komunitas bisnis global.

Baca juga: Elon Musk Caplok Twitter, Kripto Dogecoin Melesat Lebih dari 100 Persen Selama Sepekan

Sejak Inception Meeting yang mengawali rangkaian kerja B20 Indonesia, telah dihasilkan rekomendasi kebijakan dan policy action sebagai hasil kerja 6 Task Forces dan 1 Action Council B20 Indonesia.

Sepanjang tahun ini juga telah diadakan 7 B20-G20 Dialogue dengan lebih 8.000 partisipan global terlibat dalam rangkaian acara B20.

Hingga saat ini juga telah lebih dari 1.600 delegasi terdaftar untuk hadir dalam B20 Summit. Selain itu, akan ada 96 pembicara dari 30 negara yang akan dilibatkan dalam B20 Summit 2022.

Baca juga: Belum Jelas Investasi Tesla, Luhut: Elon Masih Sibuk dengan Twitter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com