Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Jumlah Wisatawan, Sandiaga: Butuh Destinasi Wisata Baru yang Inovatif dan Edukatif

Kompas.com - 07/11/2022, 21:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Rumah Budaya Keratonan di Kota Solo. Dalam kegiatan tersebut dia melakukan talk show dan sharing session dengan para pengusaha, pegiat budaya, hingga anak-anak muda yang bertemakan "Kiat Sukses Jadikan Budaya Sebagai Penggerak Ekonomi".

Di sana, Sandiaga berbicara soal kolaborasi, ekonomi kerakyatan, hingga inovasi-inovasi dalam pagelaran acara. 

"Jadi, Rumah Budaya Kratonan ini menambah destinasi kunjungan wisata dan tentunya kita bersiap-siap banyak event yang masuk ke Kota Solo untuk peningkatan jumlah wisatawan," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Sandiaga: Pertama Kali dalam Sejarah, Film Indonesia Lebih Banyak Ditonton daripada Film Barat

Sandiaga menambahkan, pemerintah menargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan pada tahun depan. Untuk itu, diperlukan destinasi-destinasi wisata baru.

"Butuh destinasi-destinasi baru yang inovatif dan juga edukatif. Nah saya apresiasi Rumah Budaya Kratonan dan kita siap untuk berkolaborasi ke depan," kata dia.

Sandiaga Uno berharap, tempat-tempat seperti Rumah Budaya Kratonan bermunculan. Lalu, kebangkitan pariwisata pun dapat menopang pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu pimpinan Rumah Budaya Kratonan, Sekar Krisnauli berharap, para pesrta yang hadir dapat mengambil banyak ilmu dari perbincangan dengan Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Ajak Investor Kembangkan Parapuar Labuan Bajo

"Kami juga menerima masukan-masukan dan arahan-arahannya sehingga kami bisa mengembangkan Rumah Budaya Kratonan untuk lebih baik lagi dan menjadi penggerak ekonomi di Kota Solo," kata Sekar.

Sekar menyebut para peserta sangat antusias dengan acara tersebut. Dia juga berharap para peserta menjadi lebih semangat dalam memajukan perekonomian.

"Jadi harapannya setelah sesi ini para hadirin juga lebih semangat dan juga merasa lebih yakin bahwa untuk kita mengembangkan potensi Kota Solo dari segi budaya, itu masa depannya cerah," tutur Sekar.

Baca juga: Sandiaga Tegaskan Persiapan KTT G20 Bali Tak Terpengaruh Banjir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com