Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPO Blibli Alami "Oversubscribe" 4,4 Kali

Kompas.com - 08/11/2022, 19:54 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli (BELI) telah melaksanakan pencatatan perdana saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (8/11/2022) hari ini. Blibli menjadi perusahaan tercatat ke-47 di BEI pada tahun ini.

Pada proses penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), entitas Grup Djarum itu mencatatkan harga perdana sebesar Rp 450, dengan jumlah saham yang ditawarkan mencapai batas atas, yakni sebesar 15 persen modal disetor. Dengan demikian, perusahaan berhasil menggalang dana IPO sebesar Rp 8 triliun.

CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto mengatakan, penawaran umum saham perdana perusahaan mendapatkan dukungan yang kuat dari investor. Ini terlihat dari adanya kelebihan permintaan atau oversubscribe sebanyak 4,4 kali.

"Dengan resmi melantai di BEI, kami semakin dekat menuju visi menjadi platform omnichannel perdagangan dan gaya hidup terdepan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan, baik individu maupun institusi," ujar dia, dalam konferensi pers, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: IPO, Blibli Diyakini Bakal Lebih Fleksibel Kelola Aset

Adapun dana segar yang diterima itu utamanya akan dialokasikan untuk melakukan pembayaran utang senilai Rp 5,5 triliun kepada dua bank, yakni PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank BTPN Tbk.

Co-founder PT Global Digital Niaga Tbk Hendry menyebutkan, ini sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian kredit.

"Jadi utang ini sendiri sebenarnya fasilitas pendanaan pembiayaan yang sudah ada sebelumnya, dan pada saat kami melakukan perjanjian kredit memang di situ ditulis bahwa pendanaan atau pembiayaan dari bank ini harus dibayar pada saat kita melakukan corporate action," tutur dia.

Sebagai informasi, pada sesi perdagangan perdananya, BELI ditutup stagnan pada level Rp 450. Saham yang masuk sektor teknologi itu bergerak pada rentang Rp 440 - Rp 472.

Baca juga: 6 Perusahaan Melantai di BEI Hari ini, Ada Blibli hingga Induk Rumah Sakit Primaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com