Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berpotensi Rebound Hari Ini, Simak Rekomendasi Saham 2 Analis

Kompas.com - 09/11/2022, 06:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,73 persen ke posisi 7.050,12 pada sesi perdagangan Selasa (8/11/2022) kemarin. Koreksi ini mengakhiri reli 3 hari berturut-turut indeks saham nasional.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher menilai, koreksi disebabkan oleh aksi ambil keuntungan atau profit taking investor. Tercatat, investor asing melakukan net sell sebesar Rp 193,66 miliar di seluruh pasar.

Namun demikian, Ia memproyeksi, pada sesi perdagangan Rabu (9/11/2022) hari ini IHSG kembali menguat. IHSG hari ini diprediksi bergerak pada rentang support-resistance 7.022-7.094 dan secara lebih luas 6.994-7.138.

Baca juga: Tidak Mampu Bangkit, IHSG Ditutup Melemah 0,74 Persen

Secara teknikal, Ia bilang, candlestick membentuk long black body dengan volume yang cukup tinggi. Ini sebenarnya mengindikasikan potensi pelemahan indek saham, namun musim rilis kinerja diproyeksi masih menopang IHSG hari ini.

"Musim rilis kinerja kuartal III-2022 serta pembagian dividen beberapa emiten akan menopang pergerakan," kata dia, dalam risetnya, Selasa.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya justru mengatakan, IHSG hari ini berpotensi melemah. Indeks saham diproyeksi bergerak pada rentang 6.954-7.172.

Ia bilang, perkembangan pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam area konsolidasi wajar. Menurutnya, hingga saat ini potensi tekanan masih cukup besar dibandingkan dengan kemampuan untuk naik.

Baca juga: IPO Blibli Alami Oversubscribe 4,4 Kali

"Namun sentimen belum terlalu terlihat ada yang menonjol untuk dapat menjadi booster terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang," ucapnya.

Beberapa saham yang menarik untuk dicermati untuk perdagangan hari ini menurut William ialah, JSMR, BBNI, AALI, ASRI, BBCA, UNVR, dan WIKA. Sementara Dennies merekomendasikan saham TOWR, BRPT, BMTR, BNGA, dan AMRT.

Baca juga: Indef Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022 Capai 5,1 persen

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com